Hai, Takaiters!

Pada umumnya kita mengurangi kegiatan fisik saat berpuasa pada bulan Ramadan, ya? Bila tadinya kita rajin berolahraga, tetapi karena takut merasa haus dan tubuh kekurangan cairan, makanya saat berpuasa rasanya kita menjadi enggan untuk berolahraga.

Padahal, berolahraga saat berpuasa tetap memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh, lo, bahkan jika kurang kegiatan fisik biasanya malah menyebabkan tubuh kita kurang bersemangat dan lesu.

Berolahraga saat berpuasa waktunya tidak perlu lama-lama. Saat berpuasa, durasi olahraga yang dianjurkan adalah berkisar antara 30—60 menit saja. Lalu, kapan pilihan waktu yang tepat untuk berolahraga pada bulan Ramadan?

Berdasarkan tujuannya, berikut adalah pilihan waktu yang tepat untuk berolah raga saat sedang berpuasa:

1. Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Foto: pexels.com

Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah pada pagi hari sesudah sahur. Saat pagi hari, udara masih terasa segar sehingga kecil kemungkinan berolahraga akan menimbulkan rasa haus. Contoh olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh adalah berjalan pagi atau treadmill.

2. Untuk Mempertahankan Kekuatan Otot

Foto: pexels.com

Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah pada sore hari, sekitar 1,5 jam sebelum tiba waktu berbuka sehingga apabila seusai berolahraga kita mengalami kehausan, tidak lama lagi saat berbuka puasa akan tiba. Kita bisa segera minum sepuasnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Contoh olahraga yang dapat melatih kekuatan otot adalah angkat beban, yoga, pilates, atau gerakan yang menahan bobot kita sendiri (seperti plank, push up, sit up, dan squat).

3. Untuk Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot

Foto: runtastic.com

Apabila tujuan kita berolahraga adalah untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, maka diperlukan olah raga dengan intensitas yang lebih berat dibandingkan berolahraga dengan dua tujuan lain tersebut di atas. Maka, waktu yang dianjurkan adalah sesudah berbuka puasa. Lelah dan haus tidak akan mengganggu karena kita bisa langsung beristirahat dan minum setelah selesaiolah raga.

Contoh olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot adalah berlatih fitness dan latihan beban.

Jadi, meskipun sedang berpuasa, kegiatan berolah raga rutin tetap bisa dilakukan. Pandai-pandailah menentukan waktu dan kondisi yang tepat agar berolah raga memberi dampak positif bagi kesehatan. Nah, Takaiters, tunggu apalagi?  Yuk, segera pilih waktu olahragamu!