Halo, Takaiters!

Pernah mengunjungi daerah Minangkabau, atau lebih tepatnya kota Padang? Lantas apa yang terlintas dalam pikiranmu? Pantai? Masjid Raya Sumbar? Jam Gadang? Atau Ngarai Sianok? Ternyata, Guys. Selain memiliki tempat-tempat wisata alam yang menarik, Padang juga menyimpan daya tarik tersendiri untuk kulinernya. Salah satunya Ikan Pangek Masin.

Ikan Pangek Masin adalah makanan tradisional dari Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia, yang berupa gulai berkuah kuning karena mamakai kunyit. Ikan Pangek Masin biasanya terbuat dari ikan tongkol yang dipadu dengan bumbu-bumbu khas daerah Padang. Namun selai ikan tongkolbisa juga menggunakan ikan lain seperti tuna dan bilih.

Nah, seperti apa, sih, hidangan lezat ini? Ini dia keunikan Ikan Pangek Masin yang harus kamu tahu, Guys!

1. Rasanya yang Gurih dan Lezat

Foto: resepmasakanterbaru95.blogspot.com

Ikan Pangek Masin paling enak jika kepala ikannya yang dimasak. Karena kelezatannya sangat luar biasa. Rasanya yang sedikit asin, asam, dan pedas menambah gurih saat disantap. Ikan ini akan lebih enak jika dimakan dalam keadaan hangat karena rasa gurih dan lezatnya akan lebih terasa. Gulai Pangek masin biasanya disajikan sebagai menu sehari-hari, pada saat pesta, ataupun di Hari Raya.

2. Cocok di Lidah dan Membuat Ketagihan

Foto: cookpad.com

Meskipun makanan ini mungkin pernah kamu temui di kota lain, tetapi hanya Padang yang sanggup menyajikan rasa yang unik untuk lidahmu. Coba, deh. Tidak hanya enak, makanan berkuah ini akan membuat kamu ketagihan. Rasanya yang super lezatĀ  sangat cocok untuk kamu penyuka kuliner ikan.

3. Kaya Bumbu dan Nutrisi

Foto: cookpad.com

Ikan Pangek Masin ini merupakan salah satu jenis makanan yang di dalamnya terdapat berbagai macam bumbu yang membuat selera makan meningkat seketika. Bukan hanya lezat, Guys, ikan pangek masin ini juga kaya nutrisi. Karena selain ikan juga bisa dicampur dengan tahu atau sayuran lainnya. Hidangan ikan pangek ini bisa kamu buat sendiri di rumah, Guys, gampang, kok!

4. Bisa Disantap Langsung atau Ditemani Nasi

Foto: pesenmakan.id

Ikan pangek masin bisa disantap langsung, karena rasanya tidak terlalu pedas, dan ada sedikit rasa asam di dalamnya sehingga lidah kamu akan semakin dimanjakan dengan rasanya. Kamu juga bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat. Kuahnya yang kaya akan bumbu membuat ikan pangek masin menjadi sangat nikmat.

Nah, bagaimana Takaiters? Mulai berpikir untuk wisata kuliner makanan khas Minangkabau? Makanan yang tidak hanya berbeda dengan makanan daerah lain, namun juga kaya rasa. Makanan ini pun cocok menjadi salah satu daftar buruan kuliner selama kamu berwisata di Minangkabau, Guys.