Hai, Takaiters!

Saat ini, masyarakat dunia digemparkan dengan munculnya virus bernama Novel Corona Virus, bahkan masyarakat menjadi panik karena bila terjangkit virus ini gejalanya mirip orang yang terkena gangguan pernapasan. Mereka akan menderita demam, flu, batuk serta sesak napas. Penyebaran virus yang cepat dan belum ditemukan vaksin  yang tepat, membuat masyarakat semakin gelisah, takut,  bahkan khawatir untuk beraktivitas di luar rumah.

Terlepas dari berbagai pandangan di atas, bagaimana menyikapi kejadian yang luar biasa ini. Dengan mewabahnya virus Corona, ambil hikmah dan pelajarannya demi kedamaian dan kemaslahatan. Semua yang terkait virus Corona hendaknya dijadikan sebagai  pelajaran. Kejadian mewabahnya virus Corona sebagai bahan belajar untuk bersikap, berpikir, dan berperilaku positif dalan kehidupan sehari-hari untuk kebermanfaatan bersama.

Berikut bentuk belajar dari mewabahnya virus Corona:

1. Belajar Hidup Sehat

Foto: pexels.com

Hal ini sangat penting ditanamkan dan dibudayakan kapan, di mana, dan dengan siapa saja. Karena dengan pola hidup yang sehat, tubuh lebih tahan terhadap segala macam penyakit.

Dalam badan yang sehat terdapat hati dan jiwa yang sehat. Bentuk belajar hidup sehat yang bisa dilakukan contohnya membiasakan mencuci tangan sebelum makan, memakan makanan yang sudah dimasak dengan matang, makan yang teratur, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, tidur yang cukup. Menggunakan masker apabila di lingkungan yang rentan dengan polusi udara. Jangan lupa berpikir positif.

Belajar untuk peduli

Foto: pexels.com

Dalam kehidupan sekarang ini belajar untuk peduli itu sangat penting karena sudah banyak tumbuh gaya hidup yang individualis, tidak peduli pada keadaan orang lain.

Bentuk sederhana yang bisa dilakukan menjadi pribadi yang lebih peduli contohnya, menepikan batu atau kayu yang ditengah jalan, memungut sampah bila ada sampah yang berserakan, lalu memasukkannya ke tempat sampah. Menegur teman bila berbuat salah, menolong yang lagi kesusahan dan lain sebagainya. Jangan lupa tersenyum untuk teman maupun tetangga.

3. Belajar Berliterasi

Foto: pexels.com

Belajar berliterasi dengan baik, benar, dan cerdas agar menjadi pribadi yang literat, berkarakter, dan bermoral. Dengan munculnya virus Corona banyak sekali informasi yang meresahkan masyarakat, cenderung hoaks.

Sebagai masyarakat yang memiliki literasi yang baik, benar dan cerdas, harus bisa menyaring informasi yang akurat, tidak ikut menyebarkan informasi yang hoaks. Dengan demikian ikut meciptakan ketenangan pada lingkungan.

Takaiters, tetaplah tenang dan teruslah membangun budaya belajar untuk kebaikan bersama. Dengan adanya virus Corona, jadikan sarana belajar untuk lebih baik bersikap, dan berinteraksi dengan masyarakat.