Halo, Takaiters!

Kita semua tentu pernah belajar bahasa asing di sekolah, bukan? Bahasa Inggris biasanya, yang menjadi mata pelajaran wajib yang memang harus kita ikuti. Di luar itu, mungkin ada satu bahasa asing lagi; seperti bahasa Perancis, Jerman, Jepang atau Mandarin.

Selain belajar bahasa asing di sekolah, ada di antara kita yang juga mengambil kursus. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Ada yang karena tuntutan pekerjaan, melanjutkan pendidikan, disebabkan oleh pernikahan, dan ada pula yang memang suka.

Apa pun penyebabnya, tidak akan ada masalah jika kita merasa senang saja mengikutinya. Namun, bagaimana bagi kita yang menganggap kegiatan belajar itu hanyalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan? Tentunya akan terasa sebagai beban, bukan?

Nah, agar kegiatan belajar bahasa asing terasa lebih menyenangkan, yuk, kita coba 3 cara berikut ini!

1. Anggap Kegiatan Belajar Itu sebagai Sebuah “Arena Bermain”  yang Baru

Foto: sudski-tumaci-prevod.com

Arena bermain? Iya! Tempat bersenang-senang. Jika kamu mengikutinya di sebuah tempat kursus, kamu akan mendapat teman-teman baru. Tentu itu menjadi sebuah hal yang menyenangkan, bukan? Tetapi di luar itu pun, pelajarannya sendiri akan terasa seru, jika kamu menganggapnya sebagai sebuah permainan.

Kamu akan menemukan kata-kata baru yang mungkin terdengar lucu. Kamu pun akan merangkai kalimat dengan menggunakan kosakata yang sudah kamu tahu dan mencari kata-kata baru. Apalagi saat ini semakin banyak perangkat elektronik yang dapat dimanfaatkan. Semua itu akan terasa menyenangkan jika kamu bersedia larut dalam permainan.

2. Leburkan Diri ke dalam Suasana Negara Asalnya

Foto: pexels.com

Setiap negara tentu memiliki kebiasan sendiri-sendiri. Sekecil apa pun informasi yang sudah kamu ketahui, bawalah pengetahuan tersebut bersama dirimu begitu jam belajar tiba. Misalnya, ketika kamu tiba di kelas kursus bahasa Jepang, guru sudah duduk di bangkunya.

Nah, andai kamu orang Jepang, apa yang akan kamu lakukan? Tentu kamu akan membungkuk santun sambil mengucapkan salam dan bukan bersalaman dengan cara berjabat tangan. Anggap saja kamu sedang berperan di dalam sebuah drama, di mana kamu adalah pemeran utamanya.

3. Tak Perlu Ragu Mencampur Kata dari Bahasa yang Berbeda

Foto: pexels.com

Di dalam belajar bahasa, tentu kamu akan sering diminta membuat kalimat. Tak jarang, kamu pun mesti mengucapkannya pada saat itu juga. Tak perlu ragu dan berpikir lama jika ada satu-dua kata yang belum kamu ketahui. Jangan batalkan kalimat keren yang sudah muncul di kepala hanya karena kendala beberapa kata. Ucapkan saja kata tersebut dalam bahasamu. Kalaupun pengajarnya tidak mengerti bahasamu, gunakanlah kata dari bahasa Inggris. Tentu sang guru akan memberitahu kata yang tepatnya pada saat itu juga.

Nah, bagaimana, Guys? Ingin segera mencobanya? Hati yang gembira akan memudahkan kita menyerap pelajaran. Mari, buka pikiran juga perasaan agar belajar bahasa asing terasa sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan!

Ayo, manfaatkan kesempatan belajar ini untuk memperkaya diri! Selamat bersenang-senang!