Halo, Takaiters!

Sudah tahu belum kalau saat ini sudah ada 10 negara yang memberlakukan kebijakan lockdown akibat dari merebaknya virus Corona? Usulan lockdown untuk Indonesia sendiri mulai sering dibicarakan di sosial media. Netizen merasa kebijakan social distancing yang mulai diberlakukan mulai tanggal 16 Maret 2020 dirasa kurang efektif mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini disebabkan masih banyak aktivitas yang dilakukan warga dari dan ke luar kota.

Namun, sebelum negara benar-benar melakukan lockdown sebaiknya kamu perlu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan.

1. Dana

Foto: unsplash.com

Salah satu hal yang paling penting adalah persiapan dana. Menurut pakar finansial sebaiknya kamu menyisihkan 5-10 persen penghasilan tiap bulan hingga tabungan kamu mampu untuk biaya hidup selama 3-6 bulan.

2. Bahan Makanan

Foto: beritasatu.com

Penting diketahui bahwa lockdown bisa berlangsung lama hingga hitungan bulan. Jadi, kamu harus mengetahui bahan makanan apa saja yang bisa disimpan lama sehingga tidak perlu sering-sering pergi ke luar rumah untuk membelinya.

Bahan makanan yang berupa biji-bijian dan kacang-kacangan sangat mudah disimpan dna tahan lama, sehingga Anda masih bisa menyimpannya di luar kulkas. Makanan kaleng juga bisa disimpan lama di luar kulkas. Selain masakan matang, buah dalam kaleng juga semakin banyak variannya, jadi kamu tidak perlu khawatir akan asupan gizinya.

3. Vitamin dan Obat-obatan

Foto: pexels.com

Selain obat luka untuk pertolongan pertama, siapkan vitamin dan obat yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi badan seperti penurun demam, flu, sakit kepala, dan sakit ringan lainnya.

4. Nomor Telepon Penting

Foto: pexels.com

Selain nomor telepon keluarga, siapkan juga nomor darurat yang bisa dihubungi. Tetap jalin komunikasi kepada teman dan keluarga agar informasi juga bisa didapatkan tanpa keluar rumah.

5. Kuota Internet

Foto: teleinfotoday.com

Pastikan kuota internet tetap aman, karena semakin hari kebutuhan kita bisa dipenuhi melalui online. Seperti misalnya internet banking, belanja via online, membayar tagihan telepon, listrik, air, dan sebagainya.

6. Kendaraan untuk Kondisi Darurat

Foto: unsplash.com

Jika tidak mempunyai kendaraan pribadi, minta kepada pemimpin daerah untuk mempersiapkannya. Karena yang namanya bencana, bisa terjadi kapan pun.

7. Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Foto: pexels.com

Mulai dari sekarang, cobalah untuk mencari sumber finansial yang bisa dihasilkan dari rumah. Seperti misalnya menjadi penulis blog, penulis di platform berbayar, menjual pulsa online, dan sebagainya.

8. Berolahraga

Foto: pexels.com

Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah agar kamu tetap bisa menjaga kesehatan. Yoga bisa dilakukan di rumah, sit up, pull up atau senam irama.

9. Jaga Kebersihan

Foto: pexel.com

Lockdown memaksa kamu harus tetap di rumah sepanjang waktu. Maka pastikan rumah tetap aman dan nyaman untuk ditinggali agar terhindar dari kuman atau pun virus selain Corona. Cuci tangan sesering mungkin. Jaga kebersihan badan juga karena kebiasaan orang yang sedang libur adalah malas mandi, maka hilangkan kebiasaan itu dari sekarang.

10. Home Visit dari Pemerintah

Foto: abqjournal.com

Kontrol dari pemerintah tetap penting meskipun sudah memastikan kondisi kamu dan keluarga sehat. Mintalah pihak aparat untuk selalu mengecek secara berkala kondisi kampung dan rumah kamu untuk mendapatkan jaminan keamanan dan kesehatan.

Semoga wabah Covid-19 ini segera berlalu sehingga pemerintah tidak akan menetapkan kebijakan lockdown. Tetap semangat dan terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang.