Hai, Takaiters!

Pernahkah kamu merasa bingung melihat banyaknya varian produk skincare? Jika pernah, jangan merasa sedih ya, karena kamu tidak sendirian.

Sebagai pemula dalam urusan penggunaan skincare ini, aku pernah merasa bingung bin galau melihat banyaknya macam produk skincare yang ada di pasaran.

Belum lagi kalau melihat tayangan drama Korea, wah … aku bisa ternganga sendiri melihat macam-macam produk skincare yang mereka gunakan. Ada yang dioles, diketuk-ketuk, dan juga disemprot.

Itu juga sebabnya mengapa para pemula menjadi bingung dalam menggunakan produk skincare ini. Tidak heran deh kalau kemudian jadi terbalik-balik dalam menggunakan urutan produk skincare ini.

Ckckck, dunia per-skincare-an ini ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, ya.

So, agar kita kita salah lagi dalam menggunakan produk skincare, khusus untuk kamu yang masih pemula, nih.

Berikut tahapan penggunaan skincare untuk pemula yang wajib kamu pahami.

  • Cleanser

skincare untuk pemula kulit berminyak
Foto: nivea.co.id

Sesuai namanya, cleanser merupakan produk skincare yang berguna untuk membersihkan wajah secara tuntas, tidak hanya debu dan kotoran yang menempel.di wajah, namun juga termasuk sisa-sisa make-up yang digunakan sehari-hari.

Untuk membersihkan wajah ini tidak cukup hanya menggunakan air saja, maka dibutuhkan produk skincare khusus yang disebut dengan double cleanser.

First cleanser digunakan untuk mengangkat minyak, debu, dan sisa-sisa make-up. Varian produk yang bisa kamu pilih adalah cleansing oil, balm, milk, gel, atau micellar water.

Second cleanser berupa sabun muka atau facial wash, digunakan untuk mengangkat semua kotoran di wajah secara maksimal.

  • Toner

skincare untuk pemula kulit kombinasi
Foto: womantalk.com

Tahapan skincare setelah menggunakan cleanser adalah toner.

Pemakaian toner yang tepat merupakan kunci untuk mendapatkan kulit cerah dan glowing.

Hal ini terjadi karena toner berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati dan menyeimbangkan kembali kadar pH kulit.

Toner terbagi atas 2 jenis, yaitu exfoliating toner atau disebut juga acid toner, dan hydrating toner.

Exfoliating toner digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran-kotoran wajah yang tertinggal pada proses cleanse sebelumnya.

Hydrating toner digunakan untuk melembabkan wajah setelah proses eksfoliasi.

Khusus untuk kamu yang berjerawat, sebaiknya menggunakan toner yang mengandung alkohol yang diformulasi untuk mengeringkan jerawat dan mengeluarkan isinya dengan cepat.

  • Moisturizer

skincare untuk pemula kulit berminyak dan berjerawat
Foto: wollipop.detik.com

Moisturizer digunakan pada pagi dan malam hari. Bedanya, pada pagi hari digunakan sebelum menggunakan sunscreen, pada malam hari moisturizer digunakan paling akhir sebelum tidur.

Untuk kulit berminyak, gunakan moisturizer yang water-based. Tujuannya agar kelebihan minyak bisa dikontrol dengan baik.

Untuk kulit kering, gunakan moisturizer yang oil-base. Tujuannya untuk mempertahankan kelembapan kulit, sehingga kulit tidak dehidrasi.

Khusus untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan moisturizer dengan bahan dasar yang berfungsi untuk melembutkan kulit seperti aloe vera, chamomile, dan calendula.

  • Sunscreen

Foto: grid.id

Tahapan skincare yang terakhir ini wajib banget kamu gunakan di siang hari. Penggunaan sunscreen bertujuan untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari atau ultra violet.

Sinar UV bisa menyebabkan penuaan dini, dan munculnya bintik-bintik hitam di kulit.

Produk sunscreen terdiri dari beberapa bentuk, ada yang berupa krim atau lotion, ada juga yang berupa spray.

Namun, dalam hal memberi perlindungan, sunscreen berbentuk krim atau lotion lebih baik dari pada yang berbentuk spray. Hal ini terjadi karena tekstur krim atau lotion yang lebih padat, sehingga mampu menutupi wajah dari pengaruh sinar UV.

Sunscreen berbentuk spray sebaiknya digunakan untuk touch-up sunscreen di siang hari, terutama jika kamu berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.

So, itulah 4 tahapan skincare yang pemula wajib tahu.

Apapun merk produk skincare pilihan kamu, yang pasti sesuaikan dengan jenis kulit, ya. Jangan mudah tergiur untuk ikut-ikutan membeli produk skincare yang sedang ‘booming’ karena belum pasti cocok di kulit kamu.

Satu yang pasti, betapapun sibuknya kamu pastikan untuk selalu gunakan skincare secara rutin dan konsisten agar hasilnya maksimal, ya, Takaiters!