Hai, Takaiters!

Pasti kalian semua tahu kan yang namanya permainan catur, permainan di atas papan kotak-kotak yang terdiri dari 64 kotak, yang disusun dalam petak 8×8, dan terbagi sama rata (masing-masing 32 kotak) dalam dua kelompok warna yakni putih dan hitam.

Konon, catur diyakini berasal dari India. Permainan ini mulai dimainkan pertama kali sekitar abad ke-7.

manfaat permainan catur
Foto: liputan6.com

Ngomong-ngomong soal catur,  tahukah kalian bahwa bermain catur memberi sejumlah manfaat besar bagi otak kita? Yuk simak manfaat permainan catur berikut, Takaiters!

1. Meningkatkan IQ

Dikutip dari brainscape.com, catur — yang biasa disebut chess dalam bahasa Ingris —  ternyata bermanfaat buat meningkatkan IQ kita, lho. Penelitian yang dilakukan terhadap 4.000 siswa di Venezuela menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam nilai IQ siswa laki-laki dan perempuan setelah empat bulan terus-menerus belajar catur.

2. Mencegah penyakit Alzheimer

Otak bekerja seperti otot. Ia membutuhkan latihan agar sehat dan mampu menangkal cedera. Kajian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menyimpulkan bahwa orang yang berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam aktivitas otak semisal bermain catur ternyata lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap penyakit Alzheimer dan demensia.

3. Meningkatkan kreativitas

Studi selama empat tahun oleh Robert Ferguson yang melibatkan siswa dari kelas 7 sampai 9 di sejumlah sekolah di Amerika Serikat menunjukkan bahwa para siswa yang bermain catur memiliki skor lebih tinggi dalam tes kreativitas dan orisinalitas.

4. Meningkatkan daya ingat

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama dua tahun, para siswa muda yang diberi kesempatan reguler untuk bermain catur ternyata mengalami peningkatan nilai di semua mata pelajaran, serta menunjukkan kemampuan mengingat yang lebih baik serta memiliki keterampilan berorganisasi yang lebih baik pada anak-anak.

5. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah

Pertandingan catur seperti teka-teki besar yang perlu dipecahkan, dan diselesaikan dengan cepat. Sebuah kajian di Amerika Serikat yang melibatkan sekitar 450 siswa yang dibagi menjadi tiga kelompok, memperlihatkan bahwa kelompok siswa yang kerap bermain catur mendapatkan skor lebih tinggi pada sejumlah tes dibandingkan dengan mereka yang jarang atau sama sekali tidak bermain catur.

6. Meningkatkan keterampilan membaca

Penelitian yang dilakukan Stuart Margulies pada tahun 1990-an terhadap 53 siswa sekolah dasar yang berpartisipasi dalam program pendidikan catur menghasilkan kesimpulan bahwa bahwa bermain catur ikut berkontribusi bagi peningkatan kemampuan membaca para siswa.

Hasil penelitian menunjukkan para siswa yang rutin bermain catur mendapatkan skor lebih tinggi dalam ujian membaca

7. Mengajarkan perencanaan dan pengendalian diri

Salah satu bagian otak yang berkembang adalah korteks prefrontal, yaitu area otak yang bertanggung jawab untuk perencanaan, penilaian, dan pengendalian diri. Bermain catur, terutama bagi mereka yang berusia lebih muda,  dapat mendorong perkembangan korteks prefrontal pada otak sehingga membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik di semua bidang kehidupan.

Nah, Takaiters, itulah beberapa manfaat permainan catur yang bisa diperoleh.

Jadi, tak ada salahnya kalau punya waktung luang, ajak kawan atau saudara kamu untuk bermain catur.