Halo, Takaiters!

Puasa merupakan ibadah wajib yang dilakukan muslim selama bulan Ramadan ini. Tidak hanya menahan lapar dan haus, puasa juga mewajibkan untuk menahan hawa nafsu. Selain itu, di bulan Ramadan ini, berbagai bentuk ibadah dianjurkan untuk dilakukan agar bisa menambah pahala puasa juga. Untuk memaksimalkan hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips sehat yang bisa kamu coba agar maksimal menunaikan ibadahnya. Simak yuk!

1. Penuhi Asupan Cairan

Foto: indoindians.com

Menahan rasa haus saat berpuasa menjadi tantangan yang lebih berat diibanding menahan rasa lapar. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus memperhatikan asupan cairan selama berpuasa ini agar tidak mengalami dehidrasi. Cara yang mudah untuk menjaga asupan cairan ini yakni dengan aturan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di waktu malam.

2. Makan Sesuai Porsi

Foto: pegipegi.com

Berpuasa di siang hari bukan berarti makan sebanyak-banyaknya saat berbuka. Hal ini akan menyebabkan perut terasa penuh, bahkan bisa menyebabkan kram. Sebaiknya, makan sesuai porsi yang dibutuhkan oleh tubuh saja. Makan berlebihan malah akan membuat perut dipaksa untuk bekerja keras setelah beristirahat seharian.

3. Batasi Konsumsi Gula

Foto: viva.co.id

 

Terlalu banyak makan makanan manis atau yang mengandung gula menyebabkan gula darah naik terlalu tinggi dan berdampak buruk pada kesehatan. Selain itu, berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis juga akan menyebabkan tubuh terasa lemas di siang hari. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan manis atau yang mengandung gula, ya, Guys.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Foto: unsplash.com

Buah dan sayur jadi makanan wajib selama berpuasa. Selain mengandung vitamin dan mineral, buah dan sayur juga bisa menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, buah dan sayur yang segar juga bisa menjadi pilihan saat berbuka agar tubuh kita lebih sehat selama berpuasa.

5. Olahraga Ringan

Foto: pinterest.com

Jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk berolahraga. Hal ini justru dianjurkan karena beragam manfaat yang bisa didapatkan, seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh. Kamu cukup berolahraga ringan di pagi atau siang hari, dan juga 30 menit sebelum berbuka.

6. Cukup Tidur

Foto: pexels.com

Selama berpuasa, kamu juga perlu menjaga waktu tidur kamu. Jangan sampai kurang apalagi berlebihan. Tidur cukup selama 7—8 jam sehari juga bisa mendukung kelancaran ibadahmu selama bulan Ramadan ini, Guys!

Nah, Guys, itu dia tips sehat selama berpuasa biar maksimal dalam melakukan ibadah di bulan Ramadan ini. Jangan jadikan puasa sebagai halangan buat kamu biar tetap semangat dan produktif, ya. Di bulan Ramadan ini ada baiknya kita bisa meningkatkan kualitas ibadah dan juga sebagai ajang perbaikan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Tetap semangat menjalankan ibadah puasanya, ya, Guys!