Halo, Takaiters!

Masalah keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama untuk kamu kaum millennial. Pasalnya, sebagian orang tidak bisa mengatur keuangan sendiri sehingga penghasilan yang didapat selalu habis, bahkan meninggalkan utang yang harus dibayar.

Berbicara soal penghasilan, bukan menjadi masalah penghasilan itu besar atau kecil, yang penting pengelolaan yang benar akan membuat kita merasakan hasil jerih payah selama bekerja. Bahkan ada orang yang bisa menabung atau bahkan berinvestasi walaupun penghasilan yang didapat tidak terlalu besar.

Nah, untuk kamu kaum millennial sudah saatnya kamu memperhatikan tentang Financial Planning atau perencanaan keuangan kamu. Tidak usah repot, kamu bisa mulai dengan tips seperti dibawah ini. Simak, yuk!

Buatlah Daftar Pos Pengeluaran

Foto: pexels.com

Setelah mendapatkan penghasilan, jangan biasakan untuk langsung membelanjakannya untuk memenuhi keinginanmu. Sebaiknya kamu membaginya terlebih dahulu, baiknya dibagi menjadi 5 pos.

Pos tersebut yakni kebutuhan rutin maksimal 60%, cicilan utang maksimal 30%, menabung, dan investasi minimal 10%, pengeluaran sosial minimal 2,5%, serta pengeluaran gaya hidup maksimal 20%.

Mulailah untuk Menabung dan Berinvestasi

Foto: pexels.com

Salah satu kesulitan yang dialami kaum millennial dalam mengelola keuangan yakni tidak bisa menabung bahkan berinvestasi. Hal tersebut mengakibatkan kaum millennial jarang mempunyai tabungan, bahkan tidak memikirkan soal investasi. Mulai sekarang, cobalah untuk konsisten menabung setiap kamu mendapatkan penghasilan, minimal 10% dari penghasilan agar kamu bisa mempunyai tabungan di masa depan.

Persiapkan Dana Darurat

Sumber Foto: pexels.com

Hal yang tak kalah penting yaitu mempersiapkan dana darurat. Dana darurat ini bisa dikatakan sebagai “extra life” jika terjadi apa-apa. Cara menghitung dana darurat adalah bagi yang belum menikah harus mengumpulkan 3x dari pengeluaran wajib bulanan. Sementara, yang sudah menikah, 6x dari pengeluaran wajib bulanan.

Jangan Lupa Siapkan Dana untuk Zakat

Foto: zakat.or.id

Setelah mendapatkan penghasilan, tak jarang banyak yang lupa untuk menyisihkan sebagian untuk membayar zakat, padahal nilainya kecil. Kamu cukup mengeluarkan 2,5% dari penghasilan kamu, namun dampaknya bisa tak terhingga.

Kurangilah Sifat Konsumtif Impulsif

Foto: rencanamu.id

 

Perilaku millennial saat ini yang konsumtif dan juga impulsif menjadi faktor yang menyebabkan keuangan tak terkontrol. Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan itu agar kamu punya dana yang cukup untuk menabung dan berinvestasi.

Sebagaimana manusia butuh dokter ketika sakit atau butuh montir ketika kendaraan rusak, begitupun dengan peran financial planner, sangat baik untuk kondisi keuangan. Semoga bermanfaat.