Halo, Takaiters!

Momen Idulfitri atau Lebaran menjadi waktu yang ditunggu bagi yang merayakannya. Selain dikenal sebagai hari kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh, Lebaran juga identik dengan kumpul keluarga untuk bersilaturahmi. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Lebaran menjadi momen yang tepat untuk bisa berkumpul dengan keluarga, mengabaikan jarak dan waktu yang harus ditempuh.

Demi menyambut momen tersebut, berbagai hidangan disiapkan, terutama hidangan khas Idulfitri seperti ketupat, opor ayam, rendang, sampai aneka ragam kue kering. Tapi di balik nikmatnya makanan tersebut untuk disantap, adanya kandungan lemak, garam, dan gulanya yang tinggi menjadi kekhawatiran tersendiri, terutama bagi mereka yang sedang berdiet. Berat badan yang akan melonjak naik pasca lebaran menjadi momok menakutkan yang mengintai setelahnya. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa tips mengembalikan berat badan pasca Lebaran, simak, yuk!

1. Kembali ke Menu Sarapan Sehat

Foto: pexels.com

Jurnal dari PubMed tahun 2006 menemukan bahwa sarapan tinggi protein bisa menekan hormon ghrelin penyebab lapar agar lebih efektif dibanding menyantap makanan tinggi karbohidrat. Cobalah kembali ke menu makanan sehat untuk sarapan, seperti oatmeal, telur atau buah-buahan yang tinggi protein.

2. Perbanyak Makan Sayur

Foto: pexels.com

Sayur yang mengandung serat tinggi akan membantu meningkatkan rasa kenyang, dan menekan keinginan untuk makan berlebih. Dari penelitian Dietary Fiber and Weight Regulation yang diterbitkan PubMed, asupan kalori orang yang mengkonsumsi 14gram serat setiap harinya menurun sebesar 10persen dibanding orang yang tidak makan serat.

3. Jangan Lewatkan Waktu Makan

Foto: unsplash.com

Dari penelitian Departement of Human Biology, Maastricht University, makan 3kali sehari justru bisa meningkatkan pembakaran lemak lebih efektif, daripada makan 2 atau 1 kali sehari. Melewatkan waktu makan juga akan meningkatkan hormon ghrelin sehingga rasa lapar lebih cepat datang.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Foto: busy.org

Air putih berguna untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan dan juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Asupan air yang cukup akan membantu pembakaran kalori yang bisa meningkat hingga 30 persen setelah 10 menit meminum air putih.

Nah, Takaiters itu dia beberapa tips untuk mengembalikan berat badan pasca Lebaran. Jangan takut tidak bisa mengembalikan berat badan bagi yang sudah mengalami kenaikan, ya, yang terpenting kembali ke pola hidup sehat dengan makanan yang bernutrisi tinggi. Selamat mencoba, Guys!