Halo, Takaiters!

Gustika Jusuf Hatta, Takaiters pasti familiar dengan nama belakangnya. Yup, dia adalah cucu perempuan wakil presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta. Nama Gustika ramai diperbincangkan karena cuitan pedasnya yang mengkritik pernyataan koordinator juru bicara capres nomor dua. Dia protes karena Sandiaga Uno disamakan dengan kakeknya.

“Untuk orang yg kesabarannya minus kyk gue gini denger kakek gue disamain sama Sandiaga Uno rasanya mau muntah,” tulis Gustika di Twitter.

Gustika menganggap tidak ada seseorang pun yang bisa disamakan dengan kakeknya, sekali pun keluarga beliau. Apalagi jika nama Bung Hatta selalu digunakan untuk kepentingan politik dalam setiap pilpres.

Banyak yang penasaran, bagaimana sebenarnya sosok cucu Sang proklamator ini. Berikut ulasannya, Guys!

1. Gustika Menorehkan Beragam Prestasi

Tidak hanya cantik dan kritis, Gustika Jusuf Hatta menjadi anggota badan pengawas YOI (Youth of Indonesia). Lulusan King’s College di London ini, juga menjadi mentor di Indonesian UN Intern Assosiation. Dia pernah menjadi salah satu perwakilan delegasi muda Indonesia untuk UNESCO, CSW, dan UNFCCC.

2. Tertarik pada Isu-isu Dunia

Sewaktu kuliah, Gustika tertarik pada isu-isu strategis di asia tenggara dan Asia Pasifik. Selain itu, dia juga tertarik pada peran perempuan dalam aksi militer, dan perlindungan warisan budaya. Cucu Bung Karno ini mempunyai banyak pengalaman terkait dengan PBB.

3. Pecinta Kucing dan Penyuka Buku, Seni, dan Musik

Perempuan 24 tahun ini pecinta kucing, lho, Guys. Sama dengan anak muda lain, dia juga menyukai buku, seni, dan musik. Membaca dan menonton film adalah hobinya. Tak lupa, kucing kesayangannya yang selalu menemani saat menonton film. Gustika menyukai buku karya George Orwell yang berjudul Animal Farm.

4. Memetik Pelajaran dari Prinsip Hidup Sang Kakek

Mungkin Takaiters mengenal Bung Hatta lewat buku-buku tentang beliau ataupun dalam dokumen sejarah. Namun, Gustika sebagai cucu beliau dikenalkan sosok Sang Kakek langsung lewat keluarganya. Prinsip-prinsip kejujuran dan berani yang dimiliki Sang Proklamator telah ditanamkan sejak ia kecil. Sosok kakeknya itu diakui adalah sosok yang jujur dan pemberani. Hmm, kejujuran memang hal yang penting, kan, Guys?

Nah, itu dia sosok cucu Bung Hatta yang dikenal dengan nama Gustika Jusuf Hatta. Semoga Gustika menjadi teladan kaum muda Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan keberanian, layaknya Sang Kakek, ya, Guys.