Halo, Takaiters!

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki manusia terkadang menjadi suatu hal yang menjad pemicu bagaimana orang itu bersikap. Hal itu pula yang menjadi alasan rasa insecure muncul dalam diri seseorang. Insecure umumnya dirasakan karena cenderung kurang bisa menyadari kelebihannya sendiri dibandingkan orang lain.

Perasaan ini dipicu oleh rasa tidak puas dan tidak yakin oleh kapasitas diri. Pada akhirnya ini akan berdampak pada perasaan rendah diri dan kurang penerimaan terhadap diri sendiri. Ini dia beberapa penyebab kamu sering merasa insecure. Simak yuk!

  • Membandingkan diri dengan orang lain

penyebab insecure dalam hubungan
Foto: blog.java.co.id

Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain menjadi penyebab utama adanya rasa insecure dalam diri. Dengan melihat kelebihan yang ada pada orang lain, bisa membuat kita tidak percaya diri. Ingatlah, kamu itu unik dan spesial dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

  • Menoleh ke masa lalu

penyebab insecure berlebihan
Foto: halodoc.com

Setiap orang memiliki masa lalu yang berbedaa-beda. Terkadang masa lalu yang dirasa tidak mengenakkan membuat kita merasa tidak layak untuk hidup. Buang jauh-jauh pikiran itu! Masih ada masa depan yang menunggu kita berdasar pada apa yang kita lakukan hari ini. Dan masa lalu bukanlah jaminan kita tidak bisa memiliki masa depan yang lebih baik.

  • Terlalu banyak melihat sosial media

Foto: kompasiana.com

Sosial media bukan hanya sumber informasi yang dapat diandalkan, namun terkadang sosial media juga menyuguhkan tayangan tentang hidup seseorang. Melihat tayangan tersebut akan membuat kita menginginkan apa yang mereka miliki dan itu membuat kita kurang bersyukur dengan apa yang kita miliki. Pada akhirnya timbullah rasa insecure dalam diri.

  • Overthinking

Foto: lifestyle.kompas.com

Terlalu banyak berpikir tidak baik untuk kesehatan kita. Bukan berarti cuek, tetapi jangan terlalu keras pada diri sendiri. Ubahlah pikiran negative menjadi pikiran positif agar kita selalu menganggap diri ini berharga dan patut diapresiasi.

  • Kata-kata negatif orang lain

penyebab orang insecure
Foto: idntimes.com

Kita tidak bisa mengontrol apa yang dikatakan orang lain mengenai diri kita, tapi kita bisa mengontrol perkataan mana saja yang harus kita percayai, apalagi berkaitan dengan hal negatif. Berbagai hal negatif yang dilontarkan orang lain kepada kita jangan sampai membuat kita menjadi merasa insecure. Ingat, identitas yang kita miliki tidak tergantung pada apa yang dikatakan orang lain. Kelilingi diri dengan orang yang berkata positif dan percayalah pada kemampuan diri sendiri.

Rasa insecure yang kerap dialami sebaiknya tidak dibiarkan berlarut. Ada baiknya kamu segera bangkit dan menyadari bahwa setiap orang lahir dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing yang menjadikan keunikan tersendiri bagi dirinya.

Dengan mengetahui penyebab insecure ini, sehingga kita bisa mengatasinya untuk tetap percaya diri, ya, Takaiters!