Holla, Takaiters!

Takaiters tahu nggak, ternyata sebutan Negeri diatas awan tidak hanya milik dari negara Tibet. Sebutan itu juga ada di wilayah Indonesia lho. Jadi bagi para Takaiters yang suka berpetualang ke alam, jangan khawatir.

Banyak wilayah indonesia yang mempunyai keindahan alam yang layak di jelajahi. Ini dia 5 wisata di Indonesia yang mempunyai julukan Negeri diatas Awannya Indonesia mulai dari pulau Sumatera sampai Papua, Takaiters!

1. Puncak Lawang di Sumatera Barat

negeri diatas awan di indonesia
Foto: nativeindonesia.com

Sumatera Barat mempunyai banyak destinasi wisata yang berupa pegunungan dan perbukitan. Puncak Lawang adalah salah satu destinasi wisata dataran tinggi yang terletak di Kecamatan Matur Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lebih kurang 22 kilometer dari Pusat Kota Bukittinggi jika melewati jalan pintas Ngarai Sianok.

Puncak Lawang  merupakan daerah perbukitan yang ditumbuhi oleh barisan pohon pinus yang berjajar rapi. Lokasinya berada pada ketinggian 1.210 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di lokasi ini sejuk khas kawasan puncak.

Dari atas Puncak Lawang ada beberapa spot menarik yang  bisa dinikmati oleh Takaiters. Misalnya, view pohon pinus yang berjajar rapi, paralayang profesional, dan pemandangan danau maninjau secara utuh. Keren, kan?

2. Wisata B29 Lumajang

negeri diatas awan dimana
Foto: kmstour.com

Tempat wisata ini termasuk dalam wisata kawasan taman nasional Bromo. Berada di atas ketinggian 2.900 m dari permukaan laut seakan mewakili arti nama wisata itu, yaitu puncak B29. Wisata ini berlokasi di daerah Lumajang Jatim, tepatnya di desa Argosari kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.  Ketinggian Puncaknya mencapai 2.900 m diatas permukaan air laut.

Dengan ketinggian tersebut para wisatawan dapat melihat keindahan gumpalan awan dari tempat yang tinggi diatas gunung. Bahkan seperti terlihat pantai awan. Wisata B29 ini mempunyai pemandangan yang berbeda dari segala arah. Jika melihat ke arah timur, pada jam 4 pagi Takaiters akan melihat samudra diatas awan dengan diiringi munculnya matahari pagi.

Namun pada jam segitu suhu di puncak bisa mencapai 5 derajat celcius. Dari arah barat, Takaiters bisa melihat pemandangan gunung Bromo dan gunung Batok lengkap dengan lautan pasirnya. Dari arah utara, Takaiters akan melihat puncak yang lebih tinggi yaitu B30.

Dan dari arah selatan Takaiters akan melihat betapa gagah dan kokohnya gunung semeru yang setiap saat memuntahkan asapnya. Apalagi dibawahnya disuguhi ladang petani yang terhampar luas dan berwarna kehijauan.

3. Kampung Lolai di Tanah Toraja Sulawesi Selatan

Negeri diatas awan Kampung Lolai di Tanah Toraja
Foto: idntimes.com

Objek wisata ini berada sekitar 20 kilometer dari Ibukota Kabupaten Toraja utara, Rantepao. Lokasinya berada di ketinggian 1.300 mdpl. Meskipun berada di puncak, namun fasilitas teknologi tidak kalah dengan daerah yang dibawah. Bahkan Takaiters tidak perlu takut kehilangan sinyal, transportasi pun lancar. Serta fasilitas bermalam sangat lengkap.  Pokoknya seperti kota modern meskipun berada di daerah pegunungan.

Pemandangan dari sini pun sangat indah bahkan decak kagum tidak akan berhenti. Hingga kini, Kampung Lolai tak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri.

4. Lombok, Plawangan Sembalun

Lokasi negeri diatas awannya Indonesia di Jawa barat
Foto: evventure.com

Plawangan Sembalun berada di ketinggian 2.639 mdpl dan merupakan jalan menuju puncak Rinjani. Takaiters akan disuguhi pemandangan danau Segara Anak yang cukup cantik dan  terlihat jelas. Apalagi posisinya yang sejajar dengan gumpalan awan dari langit, rasanya seperti di atas negeri di awan. Sungguh,  semakin menambah eksotisme Plawangan Sembalun ini.

5. Papua, Lembah Baliem

Foto: jejakpiknik.com

Lembah Baliem merupakan sebuah lembah di pegunungan Jayawijaya, diatas ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut yang dikelilingi oleh pegunungan dengan pemandangan yang masih indah dan alami. Nampak dari kejauhan, Takaiters akan melihat rumah-rumah suku dani (honoi) yang berjajaran dan tampak rapi.

Di lembah ini, juga terdapat budaya-budaya asli suku baliem yang terdiri dari suku dani, Lani dan Yali. Ehm. Takaiters pasti dibuat takjub lagi dengan budaya uniknya. Lembah Baliem selain menyuguhkan pemandangan yang alami juga budaya asli papua.

Setelah mengetahui Negeri diatas awannya Indonesia, adakah salah satu diantaranya lokasi yang ingin kamu kunjungi, Takaiters?