Hai, Takaiters!

Papua memang sangat terkenal akan keunikan budaya dan pariwisatanya. Bagaimana tidak, pulau yang mirip burung ini memiliki tempat melancong yang unik dan menarik seperti destinasi wisata Raja Ampat. Di sana, kamu akan disuguhi dengan berbagai macam pemandangan alam yang sangat memesona. Selain itu, tempat wisatanya sungguh lain daripada yang lain. Oleh karena itu, destinasi wisata ini menjadi tujuan wisatawan nasional dan internasional. Jadi penasaran, ya, Takaiters?

Akses Menuju Raja Ampat

Foto: republika.com

Raja Ampat yaitu sebuah kabupaten yang termasuk ke Provinsi Papua Barat. Untuk sampai ke kepulauan ini, kamu harus menuju Kota Sorong terlebih dahulu. Pada umumnya, para wisatawan menggunakan penerbangan untuk sampai di kota tersebut. Dari sana kamu bisa menggunakan kapal cepat yang biasanya berlayar sehari 2x menuju Wasai yaitu Ibukota Raja Ampat. Dari Sorong ke Waisai membutuhkan waktu sekitar 2—3 jam saja.

Foto: pixabay.com

Destinasi wisana nan indah ini adalah kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang. Pulau karang tersebut tersebar luas di seluruh wilayahnya. Di kepulauan tersebut terdapat 4 pulau paling besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool.

Penyebaran penduduk Raja Ampat berawal dari keempat pulau besar tersebut. Mereka berprofesi sebagai nelayan. Daya tarik Raja Ampat adalah wilayah perairannya. Oleh karena itu, destinasi wisata tersebut termasuk salah satu dari 10 perairan terbaik yang ada di seluruh dunia. Peringkat itu berdasarkan penelitian mengenai kekayaan flora dan fauna serta kelestarian alam laut yang dimiliki oleh Raja Ampat.

Raja Ampat, Surga Bawah Laut Tercantik di Dunia

Foto: backpackerjakarta.com

Sebuah badan konservasi internasional melaporkan bahwa Raja Ampat mempunyai lebih dari 75 % spesies laut di seluruh dunia. Wilayah laut dan darat Raja Ampat luasnya sekitar 4,6 juta hektar. Tempat itu menjadi rumah bagi 1.511 spesies ikan, 540 jenis karang, dan ribuan biota laut lainnya.

Sebab keunggulan-keunggulan destinasi wisata Raja Ampat  itulah maka kepulauan tersebut dinobatkan sebagai surga bawah laut tercantik di seluruh dunia.

Memiliki Banyak Pantai yang Indah

Foto: intisarionline-grid.id

Kepulauan ini juga mempunyai banyak hal menarik di atas permukaan lautnya. Banyak pantai indah tersebar di wilayah tersebut. Pada umumnya, pasirnya berwarna putih dan halusnya hampir seperti tepung.

Selain itu, banyak terdapat pulau yang membentuk deretan tebing tinggi. Uniknya, beberapa destinasi wisata seperti Wayag, Teluk Kabui, dan Piaynemo terkenal lebih dulu di dunia dari pada di nusantara.

Selanjutnya, banyak hutan tropis yang sangat menarik. Bahkan di Desa Sawinggrai dan Saporkrein bisa menyaksikan burung Cendrawasih dari jarak dekat. Seperti yang kamu ketahui bahwa burung tersebut langka, cantik, dan menjadi ciri khas Papua. Oleh karena itu, hewan tersebut dijuluki burung surga karena keelokannya.

Memiliki Kebudayaan yang Unik

Foto: travel.kompas.com

Kepulauan nan indah itu juga memiliki kebudayaan yang sangat unik dan menarik bagi wisatawan. Salah satu desa wisata di sana adalah Arobek. Desa itu terletak di satu pulau kecil yang mempunyai beragam kesenian, seperti tari-tarian tradisional, makanan Sinole yang terbuat dari sagu, dan kerajinan anyaman daun pandan. Semua itu sudah diwariskan secara turun temurun. Belum lagi desa-desa lainnya yang memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Objek wisata ini sangat terkenal di dunia walaupun aksesnya masih memiliki keterbatasan. Namun, Raja Ampat selalu berbenah diri dengan menyediakan berbagai fasilitas bagi semua kalangan. Di sana ada terdapat penginapan berbentuk resort dengan harga mahal dan motel kecil yang murah.

Para wisatawan harus bijak dalam menikmati keindahan alamnya. Mereka juga harus menjaga kelestarian alam yang elok tersebut agar bisa dinikmati oleh generasi berikutnya.

Sebenarnya ada mitos mengenai nama Raja Ampat. Nama tersebut diambil dari tujuh butir telur yang ditemukan oleh leluhur perempuan mereka. Empat telur menetas menjadi empat pangeran yang menjadi raja di empat pulau besar yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool, sedangkan telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Secara tradisi kisah itu dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai awal mula berdirinya Raja Ampat. Sungguh sangat seru melancong ke objek wisata Raja Ampat, ya, Takaiters?