Halo, Takaiters!

Tidur merupakan kebutuhan manusia sekaligus cara istirahat terbaik. Hal ini menjadi solusi untuk mengatasi lelah setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Lalu, rutinitas seperti apa yang kamu lakukan sebelum tidur? Hati-hati, Guys, rutinitas sebelum tidur ini akan berpengaruh terhadap kualitas tidur kamu. Nah, simak ulasan berikut ini, yuk, biar kamu punya kualitas tidur yang baik.

Mengingat Semua Kegiatan Seharian Bisa Memperkuat Ingatanmu

Foto: pexels.com

Saat mengawali tidur, coba pejamkan mata dan ingat-ingat lagi kejadian apa saja yang sudah kamu lalui hari ini. Dengan begitu otak kamu akan terbiasa mengingat hal-hal kecil yang berguna juga untuk mengurangi risiko pikun. Kebiasaan ini juga berguna sebagai refleksi diri, tentang apa saja hal berguna yang sudah kamu lakukan hari ini dan apa saja yang membuatmu bahagia.

Merencanakan Kegiatan Hari Esok

Foto: forbes.com

Pemikiran sederhana tentang apa saja yang akan dilakukan besok membuatmu akan lebih semangat. Selain itu, kamu punya tujuan hidup yang berguna sebagai pegangan dan bayangan yang harus dilakukan di masa depan dengan persiapan yang matang.

Membaca Buku Cetak Favoritmu

Foto: pexels.com

Dalam kasus ini, pilihlah buku cetak bukan buku online. Karena radiasi layar ponsel justru akan berpengaruh negatif terhadap tubuh, apalagi menjelang tidur. Coba pilih cerita yang santai dan menyenangkan, siapa tahu kejadian menyenangkan yang kamu baca di buku bisa hadir di mimpimu juga.

Mendengarkan Siaran Podcast

Foto: lifehacker.com

Podcast yang sedang populer saat ini bisa jadi pilihan rutinitas sebelum tidur yang dapat kamu coba. Suara dari mikrofon akan memberikan sensasi tersendiri bagi kamu. Perbincangan yang kamu dengar juga bisa mengantarkanmu untuk tidur lebih cepat.

Lupakan Semua Beban Pikiran

Foto: pexels.com

Lupakan sejenak masalah yang terjadi. Hal ini pantang dilakukan sebelum tidur karena akan mengurangi kualitas tidurmu. Beri jeda pada tubuhmu untuk bisa istirahat total.

Rileks dengan Aromaterapi

Foto: mashable.com

Cairan yang kemudian menguap ini bisa membuat tubuh dan otakmu lebih rileks. Pejamkan mata, tarik nafas lalu buang perlahan. Pusatkan pikiran pada hal-hal yang membuatmu bahagia.

Berdoa

Foto: idntimes.com

Berdoa adalah hal wajib yang harus kamu lakukan sebelum tidur. Dengan berdoa maka jiwamu akan lebih tenang. Mintalah pada-Nya untuk menjaga tidurmu dan memberikan mimpi yang indah.

Nah takaiters, itu dia beberapa rutinitas sebelum tidur yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Yuk, cobain!