Hallo, Takaiters!

Kamu penyuka cokelat, Takaiters? Jika kamu penyuka cokelat pastinya kamu juga menyukai kue-kue yang berbahan dasar cokelat hitam. Tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat dari cokelat hitam untuk kesehatan? Selain dapat mengurangi risiko sakit jantung, cokelat hitam juga bermanfaat sebagai antioksidan.

Yuk, simak 7 manfaat cokelat hitam selengkapnya seperti yang dilansir oleh Healthline

Kaya Akan Nutrisi

Foto: pexels.com

Cokelat hitam yang berkualitas mengandung 11 gr serat, lo, Takaiters. Selain itu, cokelat hitam juga kaya akan zat besi, magnesium, mineral, dan potassium. Zat- zat tersebut penting banget buat tubuh kamu, Guys.

Sumber Antioksidan

Foto: pexels.com

Cokelat hitam mengandung banyak sekali senyawa organic seperti flavonoid, polifenol, dan katekin. Senyawa tersebut berfungsi sebagai sumber antioksidan , Takaiters. Sebuah penelitian memamparkan, senyawa antioksidan yang terdapat pada cokelat hitam lebih banyak daripada senyawa yang terdapat pada bluberry dan buah acai. Wah, baru tahu juga, nih, Takaiters.

Memperlancar Aliran Darah dan Menurunkan Tekanan Darah

Foto: hellosehat.com

Senyawa flavonoid pada cokelat hitam mampu menstimulasi endotelium, sel pipih pada permukaan pembuluh darah, untuk memproduksi nitritoksida. Salah satu fungsi nitritoksida adalah memberikan sinyal kepada pembuluh darah untuk melemas. Jika pembuluh darah melemas, maka aliran darah akan semakin lancar dan tekanan darah pun menurun.

Menurunkan Kolesterol

Foto: id.theasianparent.com

Senyawa polifenol pada cokelat hitam mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Wow, masuk diakal, ya, Takaiters. Cokelat hitam ‘kan kaya senyawa dengan sifat antioksidan. Ketika senyawa polifenol masuk ke dalam darah, senyawa tersebut melindungi lipoprotein dari kerusakan. Ajaib, ya!

Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Foto: merdeka.com

Jika tubuh kamu kaya akan kolesterol baik, aliran darah kamu lancar, dan tekanan darahnya juga normal, maka kamu bisa mengindari sakit jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi cokelat pada 470 pria lanjut usia dapat mengurangi persentasi kematian akibat serangan jantung sampai 50% selama 15 tahun.

Melindungi Kulit dari Matahari Jahat

Foto: kumparan.com

Penelitian mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid memperlancar aliran darah ke kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Yuk, makan cokelat hitam sebelum berlibur ke pantai.

Meningkatkan Fungsi Otak

Foto: magazine.job-like.com

Masih keajaiban dari senyawa flavonoid, nih, Takaiters. Cokelat hitam bagus sekali buat otak karena senyawa flavonoid membantu memperlancar aliran darah ke otak. Penelitian juga mengungkapkan, bahwa cokelat hitam mampu memperbaiki kemampuan kognitif pada manula maupun orang-orang dengan gangguan mental.

Tapi apakah kamu harus makan cokelat setiap hari? Tentu tidak, Takaiters. Pola makan kamu juga harus disesuaikan dengan pola makan sehat dong, ya. Takaiters juga harus jeli melihat cokelat yang berkualitas tinggi. Disarankan untuk mengkonsumsi cokelat organic dengan 70% atau lebih konten cokelatnya. Semoga bermanfaat.