Hai, Takaiters!

Bandung masih menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia, begitu pun saat Ramadan. Makanan apa yang paling banyak dicari adalah takjil, yaitu makanan atau minuman ringan untuk berbuka puasa.

Takjil identik dengan makanan yang manis. Jangan khawatir, kuliner di Bandung menyediakan beberapa makanan selain yang manis, yaitu sop buah , gorengan, rujak pun siap jadi incaran para pemburu takjil. Guys, mau tahu makanan dan minuman itu?

Ini dia 7 macam makanan dan minuman di Bandung untuk berbuka puasa

1. Kolak dan Rujak Macan

Foto: twitter.com

Salah satu makanan yang dicari adalah kolak Macan. Dinamakan kolak Macan karena lokasi jualannya di Jalan Macan nomor 1 Bandung. Kolak yang tersedia ada beberapa macam, yaitu kolak pisang, kolak campur berisi bubur sagu, pisang, biji salak. Rasa manis pada kolak ini pas banget di lidah. Selain kolak, tersedia rujak Macan, ada rujak asinan dan rujak tumbuk. Rasanya segar dan enggak pedas. Kalau kamu mampir ke Bandung, sempatkan untuk membeli, ya!

2. Kolak Karawitan

Foto: serbabandung.com

Berjualan di roda tidak menyurutkan para pemburu takjil ini datang ke Jalan Karawitan untuk membeli kolak. Ada pun kolak itu adalah kolak pisang, biji salak, bubur sumsum yang lembut, atau dicampurkan semua macam kolak. Kolak lalu dikemas ke dalam gelas plastik dan diberi sendok. Harganya ramah banget di dompet.

3. Es Goyobod Kliningan

Foto: life.108jakarta.com

Berbuka puasa tidak harus dengan makanan yang manis, minuman segar pun bisa. Minuman itu adalah es goyobod. Goyobod berasal dari Bahasa Belanda, artinya basah. Es goyobod bertempat di Jalan Kliningan sering diburu, berisi potongan roti, hunkue, mutiara, alpukat, susu kental, tape Bandung, serutan buah kelapa, dan dicampur es batu. Rasanya manis, asam, dan dingin, endess!

4. Cendol Elisabeth

Foto: ayobandung.com

Cendol elisabeth adalah minuman legendaris. Terbuat dari tepung beras, dipadukan dengan potongan buah nangka, gula merah cair, dan santan.

5. Es Shanghai Dago

Foto: topsimage.com

Es Shanghai Dago merupakan sop buah yang terdiri dari buah anggur, alpukat, mangga, serutan daging kelapa, semangka, melon, apel, dan jika suka, ditambah buah durian, Guys.

Berada di tempat yang strategis di kawasan Bandung tengah, Jalan Ir.H.Djuanda, es shanghai Dago kerap diserbu pembeli. Es shanghai ini sering dijadikan menu berbuka puasa karena potongan buah yang disajikan dalam kondisi segar. Hhm, yummy!

6. Cakue Amin

Foto: blog.nuhun.online

Bagi penggemar gorengan, menu ini wajib saat Ramadan. Nah, di kios Cakue Amin yang terletak di Jalan Rajamantri Wetan ini menyediakan berbagai macam gorengan. Gorengan itu di antaranya, tahu isi, cakue, pisang goreng, bakwan, pisang aroma, odading, dan kroket bihun pedas. Harganya Rp1.250,00 per buah, cukup sepadan dengan ukuran dan rasanya.

7. Es Campur Oyen 18

Foto: rebanas.com

Es campur Oyen 18 sang legendaris ini diburu pecinta minuman untuk takjil. Terletak di Jalan Sukajadi, es campur Oyen berisi rautan daging kelapa, alpukat, nangka, mutiara, parutan es batu, disiram susu kental manis, dan bisa ditambah durian. Dalam cuaca apa pun, tetap bisa dinikmati, apalagi sebagai minuman pembuka puasa. Nikmatnya …

Guys, itulah 7 jenis makanan dan minumam yang bisa diburu untuk berbuka puasa. So, kalau kamu berkunjung ke Bandung saat Ramadan, jangan pernah lewatkan! Selamat berburu!