Hello, Takaiters!

Tempe, makanan hasil fermentasi kacang kedelai dengan ragi atau beberapa jenis kapang Rhizopus, di mana fermentasi ini menjadikan senyawa komplek berubah jadi senyawa sederhana, sehingga sangat  mudah dicerna manusia.  Makanan yang sudah familiar buat kita orang Indonesia, selain harga yang murah makanan ini pun mudah didapat. Tempe bisa ditemukan dari pasar-pasar tradisional sampai supermarket besar. Namun, masih banyak orang memandang sebelah mata terhadap makanan ini. Padahal beberapa studi ilmiah membuktikann bahwa dengan mengkonsumsi tempe banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Di balik kesederhanaan tempe ternyata ada fakta menarik yang mungkin kamu belum ketahui, Guys! Apa saja fakta menariknya? Yuk, intip ulasannya Takaiters.

1. Makanan Khusus Keluarga Kerajaan

Foto: coveredbridgeart.com

Sebenarnya tempe sudah dikenal oleh masyarakat kita ratusan tahun yang lalu, bahkan dalam kitab Jawa kuno yakni Serat Centhini, menyatakan bahwa tempe hanya bisa dikonsumsi oleh keluarga kerajaan di Indonesia pada abad ke-18

2. Berasal dari Bahasa Jawa Kuno

Foto: mmzrarebooks.blogspot.com

Tempe tidak diketahui dengan jelas kapan pembuatannya, tetapi makanan khas Indonesia ini sudah dikenal sejak beratus tahun yang lalu. Terutama dalam budaya kuliner Jawa. Ini bisa dilihat pada manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16. Di zaman dahulu terdapat makanan yang bernama tumpi yang berwarna putih seperti tempe namun terbuat dari sagu, seiring waktu kata tumpi berubah menjadi tempe hingga digunakan sampai sekarang.

3. Makanan Wajib bagi Vegetarian

Foto: masakapahariini.com

Pola hidup yang menghindari menyantap semua produk yang berasal dari hewan sedang tren di berbagai kalangan, namun gaya hidup seperti ini beresiko mengalami kekurangan asupan vitamin B12 yang hanya ditemukan pada produk hewani seperti ikan, ayam, dan daging  secara alami.

Namun, beberapa jurnal kesehatan menegaskan bahwa tempe mengandung vitamin B12 . Hal tersebut menjadi dasar untuk kaum vegetarian menjadikan tempe menu wajib, agar mereka tak mengalami kekurangan vitamin B12. Seperti yang kita ketahui kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan gangguan saraf pusat.

4. Makanan Berkelas dengan Harga Mahal

Foto: kilaskementriankompas.com

Jika di Indonesia harga tempe berkisar antara Rp3000,00 sampai Rp8000,00 saja, tak lebih dari $1, maka lain halnya di beberapa negara maju seperti Amerika, Inggris, dan Australia makanan sehat ini dijual tak kurang dari $15, bahkan di Jepang tempe hanya bisa ditemukan di restoran dan hotel.

5. Makanan yang Bergizi dan Nutrisi Tinggi

Hellosehat.com

Tempe dibuat dari olahan kedelai yang dicampur ragi, menjadikan tempe salah satu  makanan dengan kandungan nutrisi tinggi. Bahkan, menurut beberapa penelitian kandungan proteinnya lebih tinggi dibanding protein hewani, selain itu tempe memilik kadar lemak sedikit dan kaya akan serat, mengandung  vitamin B komplek, vitamin A,D, E, K, mineral (seperti zat besi, kalsium, magnesium dan zink). Hingga sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari bayi sampai lanjut usia.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Foto: royco.co.id

Karena bermacam kandungan nutrisi yang tinggi pada tempe, dapat menyembuhkan infeksi karena bersifat antibiotika. Pada zaman penjajahan Jepang, para tawanan perang yang diberi makan tempe terhindar dari penyakit busung lapar dan disentri.  Dan beberapa penelitian memberi gambaran zat gizi dalam tempe mudah dicerna dan dimanfaatkan tubuh dibanding kedelai. Hal ini sudah dibuktikan pada bayi dan balita penderita diare kronis dan gizi buruk.

7. Sebagai Antioksidan dan Antiaging

Foto: portalutama.com

Dalam tempe terdapat zat antioksidan bernama isoflavon, di mana zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit degenerative seperti penyakit jantung karoner, hiperkolesterol, hipertensi, aterosklerosis, diabetes mellitus, kanker dan lain-lain.

Nah, itulah 7 fakta menarik dari tempe yang mungkin belum diketahui banyak orang, setelah mengetahui fakta ini semoga kita semakin cinta Indonesia dan bangga menjadii bangsa tempe  yang kaya dengan berbagai ragam kuliner.