Halo, Takaiters!

Musim liburan sudah tiba. Banyak yang mengartikan, bahwa libur adalah waktu untuk beristirahat sejenak dari tekanan kerja atau kuliah yang padat jadwalnya. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa libur adalah hari malas, tidak melakukan apa pun dan menghabiskan waktu di kamar ditemani telepon pintar.

Benarkah demikian? Tentu saja tidak. Banyak hal seru dan berfaedah yang bisa dilakukan selama libur panjang. Berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan ketika libur panjang.

1. Lebih Dekat dengan Alam

Foto: unsplash.com

Sumpek dan bosan dengan rutinitas kantor ataupun kampus? Selama libur panjang ini, traveling ke alam terbuka menjadi salah satu solusinya. Kamu bisa mendaki gunung atau berkemah ke rindang alam sebagai terapi pelepas stres yang tepat. Kegiatan ini bisa di lakukan bersama teman ataupun keluarga tercinta.

Suasana yang tenang dan nyaman, pemandangan yang indah akan membuat kamu lebih mencintai dan menghargai Mahakarya Sang Pencipta. Keseruan selama perjalanan akan memberikan sensasi pertualangan yang melatih insting bertahan hidup. Kamu akan menjadi lebih mandiri dan penuh toleransi dengan lingkungan sekitar.

2. Mendalami Hobi yang Tertunda

Foto: song-words.com

Apakah kamu mempunyai hobi atau keahlian khusus di suatu bidang, Guys? Namun, tidak punya waktu untuk melakukannya karena bekerja atau kuliah? Di saat liburan inilah waktu yang cocok untuk mengasah keahlianmu, seperti bermain musik atau membuat karya seni seperti melukis dan lain-lain. Agar lebih berkesan kamu bisa masuk komunitas sesuai hobi yang dimiliki. Biasanya, di setiap liburan komunitas-komunitas ini telah mempunyai agenda kegiatan.

3. Mengunjungi Keluarga Jauh atau Teman Lama

Foto: brilio.net

Tentu kamu ingat dengan kalimat silaturahmi mendatangkan rezeki. Rezeki tidak hanya berbentuk uang, tubuh yang sehat dan kebahagiaan yang dimiliki merupakan rezeki yang tidak ternilai harganya. Pada kesempatan libur panjang ini, berkunjung ke tempat yang jauh demi menemui keluarga akan menjadi momen yang sangat berarti. Bukankah tiada ikatan yang lebih kuat selain hubungan persaudaraan baik itu keluarga maupun sahabat. Maka manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya untuk bersilaturahmi.

4. Mencoba Hal yang Baru

Foto: pexels.com

Sebagian orang takut untuk mencoba hal baru. Keluar dari zona nyaman memang tidak mudah. Tidak ada salahnya, kamu coba hal baru dengan memanfaatkan waktu luang ini untuk terjun ke dunia yang benar-benar baru.

Jika saat ini kamu adalah karyawan kantoran, mencoba bekerja paruh waktu di restoran cepat saji, mungkin akan memberi pengalaman baru yang menyenangkan. Jika keseharianmu adalah mahasiswa aktif, mencoba magang di studio seni, misalnya, akan memperkaya wawasan di bidang seni yang pasti akan berguna di masa depan.

5. Menjadi Sukarelawan

Foto: unsplash.com

Jika liburan sebelumnya diisi dengan kegiatan pribadi, kaki ini bisa dicoba dengan menjadi sukarelawan. Berbagai komunitas kemanusiaan di segala bidang dapat dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan. Menemani anak-anak berkebutuhan khusus misalnya atau menjadi relawan sedekah jumat. Menjadi relawan akan meningkatkan rasa simpati dan empati dalam diri. Tenaga dan keahlian yang kita miliki akan sangat berarti bagi mereka.

6. Memperdalam Ilmu Agama

Foto: bincangsyariah.com

Selama liburan panjang ini, sempatkanlah waktu untuk meningkatkan kualitas keimanan dan hubunganmu dengan Sang Pencipta. Mengikuti kajian keagamaan akan membuat langkah masa depanmu lebih tenang dan terarah. Jadikan momen ini sebagai ajang introspeksi diri demi membentuk karakter dan pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Dari 6 kegiatan di atas mana yang kamu pilih? Silakan pilih salah satu, jika memungkinkan lakukan semua tipsnya. Pengalaman yang didapat selanjutnya akan mengembalikan semangat dan motivasi hidup. Saat kembali masuk kerja atau kuliah nanti, akan terasa lebih segar dengan pengalaman dan wawasan yang lebih kaya dari sebelumnya.