Hai, Takaiters!

Apa kesibukanmu selain stalking media sosial, Guys? Kalo kamu mau meningkatkan kapasitas diri, disarankan mengisi waktu luangmu dengan membaca buku. Perlu kamu ketahui, menurut Program of International Student Assessment (PISA) pada tahun 2015 minat baca orang Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara dunia yang diteliti. Jadi, jangan kaget kalau kualitas sumber daya manusia kita kalah jauh dari negara tetangga. Kenapa, sih, kamu harus rajin baca buku, ini dia alasannya.

Kosakata Bertambah

Foto: pexels.com

Membaca buku memungkinkan kamu menemukan kata-kata baru yang tidak dipakai dalam pembicaraan sehari-hari, Guys, karena penulis dan penerbit buku pasti mencari celah agar bukunya menarik. Salah satu cara adalah dengan menambahkan kata-kata baru baik kata serapan, kata-kata asing atau bahkan kata-kaya alay yang biasa dipakai anak muda saat ini. Semakin banyak kosakatamu, maka kepandaian berbicaramu akan bertambah 10-15%, Guys!

Wawasan dan Pengetahuan Oke

Alasan Wajib Membaca
Foto: pexels.com

Fase remaja hingga dewasa muda adalah saat yang tepat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Memang mudah mendapatkannya melalui internet, tetapi kadang diperlukan pembahasan yang lebih detail dan tuntas yang hanya kamu dapatkan dari buku.

Memiliki wawasan dan pengetahuan sesuai dengan minat dan bakat akan sangat membantumu dalam mengikuti perkembangan zaman dan menjalani kehidupan. Dan itu semua hanya akan kamu dapatkan dengan meningkatkan kapasitas diri melalui banyak membaca buku, Guys. 

Pemikiran Lebih Luas

Foto: pexels.com

Persoalan kehidupan saat ini sangat kompleks, sehingga memerlukan pemecahan dan solusi yang tepat. Pemikiran yang luas akan sangat berguna dalam memecahkan sebuah persoalan, dan itu akan kamu dapatkan dengan banyak membaca buku.

Pemikiran yang luas adalah dasar dari segala cara berpikir yang memungkinkan kamu menerima segala masalah dan persoalan hidup dengan lebih sensitif dan lapang dada. Orang yang berikiran luas akan berusaha keluar dari zona nyaman,  berani menerima tantangan hidup dan menjadi pribadi yang terbuka terhadap perbedaan cara pandang, Guys.

Pandai Menganalisis

Foto: pexels.com

Membaca buku dipastikan menambah kapasitas individu, terutama dalam hal kemampuan menganalisis. Banyak persoalan yang harus diselesaikan secara komprehensif menggunakan berbagai teori dan ilmu pengetahuan.

Kemampuan menganalisis menghasilkan sudut pandang yang lebih obyektif terhadap berbagai fenomena yang muncul dalam masyarakat karena dengan kemampuan ini seseorang dapat menguraikan sesuatu dan mencari keterkaitan antar bagian tersebut. Berita baiknya, kemampuan analisis akan semakin terasah jika kamu suka membaca buku.

Mengurangi Stres

Foto: pexels.com

Membaca buku adalah salah satu cara seseorang mengurangi stress, Guys. Kehidupan yang semakin dinamis mau tak mau membuat kamu harus bergerak lebih cepat dalam semua hal. Jika kamu tidak dapat mengikutinya, stres akademik, fisik dan sosial muncul karena adanya fenomena perundungan, perbedaan sosial dan sebagainya.

Kesadaran akan stres harus segera diikuti dengan penanganan yang serius, Guys. Jika stres melanda, ini saatnya kamu menghirup udara segar, beristirahat cukup, melakukan meditasi, makan makanan bergizi seimbang, dan membaca buku. Biarkan badanmu santai sejenak sehingga pikiranmu juga beristirahat.

Menghindari Penyakit Alzheimer

Foto: medium.com

Salah satu penyakit tidak menular yang saat ini menghantui para manula adalah penyakit Alzheimer atau pikun. Seseorang yang otaknya tidak pernah distimulasi untuk berpikir akan mengalami kemunduran dan malfungsi sehingga melupakan segala hal yang semestinya tidak terjadi. Stimulasi otak seharusnya dimulai sejak usia dini hingga masa tua.

Orang yang rajin membaca buku terbukti memiliki risiko 2,5% lebih rendah menderita penyakit Alzheimer dibanding orang yang tidak suka membaca buku, Guys. Penyakit Alzheimer ini bersifat progessif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya karena sel dan koneksi sel otak merosot kemudian mati. Jadi jangan sepelekan kebiasaan membaca buku, ya.

Nah, Takaiters, sudah tahu kan kenapa mulai sekarang kamu harus rajin membaca buku. Daripada stalking media sosial yang isinya cibiran kepada orang lain, gunakan waktumu untuk membaca. Dengan banyak membaca kamu akan terlihat lebih cerdas dari orang lain, Guys.