Dear, Takaiters!

Seorang pria yang bekerja seharian di luar rumah, berkutat dengan komputer dan data kantor, seringkali mempunyai tingkat stress tersendiri. Apalagi jika ditambah dengan masalah keluarga yang tak kunjung usai.

Bukan hanya itu. Seorang Ibu rumah tangga pun tak kalah stress dengan segala kesibukan rumah sehari-hari. Memulai pagi dengan memasakkan makanan untuk seluruh keluarga, menyiapkan anak ke sekolah, sampai membersihkan rumah.

Stress bukanlah hal yang patut disepelekan. Dalam berbagai penelitian psikologi, seseorang yang mengalami stress dapat melakukan hal-hal yang merugikan orang lain bahkan dirinya sendiri.

Di bawah ini adalah beberapa tempat penghilang stress yang bisa kamu kunjungi, Takaiters!

1. Pusat Perbelanjaan

tempat penghilang stress di jakarta
Foto: republika.co.id

Bagi sebagian wanita, berjalan-jalan sebentar meninggalkan pekerjaan rumah adalah sarana refreshing yang sangat menyenangkan. Tak harus berbelanja banyak dan mahal, berjalan-jalan di pusat perbelanjaan sambil melihat aneka barang yang dipajang di beberapa toko, mampu menghilangkan stress dan mengembalikan semangat.

Luangkan waktu sedikitnya sekali dalam satu bulan untuk me-refresh pikiran agar tetap segar dan terhindar dari stress yang menumpuk.

2. Kolam Pancing

tempat penghilang stres di bandung
Foto: tribunnews.com

Ikan adalah salah satu hewan yang diyakini mampu menghilangkan stress seseorang. Mengunjungi kolam ikan atau kolam pancing bagi sebagian penderita stress, mampu memberikan suasana positif dalam diri.

Memancing dapat melatih motorik halus seseorang untuk menstimulasi otak dan menenangkan pikiran, melatih kesabaran, serta menimbulkan efek bahagia dan melepas lelah.

Memancing sangat cocok bagi seorang pria. Duduk di tepi kolam pancing sambil menunggu kail tertarik ikan sepertinya cukup menyenangkan. Apalagi jika berhasil membawa pulang beberapa ekor ikan sebagai oleh-oleh.

3. Pantai

tempat penghilang stres
Foto: javatravel.net

Suara gemericik air dan deruan ombak serta hembusan angin sepoi-sepoi mampu menentramkan kondisi hati yang gelisah. Duduk santai di tepi pantai sambil menghirup segarnya udara, atau berlari kecil di tepi pantai sambil bermain air, akan menghilangkan kepenatan di kepala dan membangkitkan aura positif dalam diri,

Mengajak keluarga berekreasi ke pantai sesekali akan membantu mengembalikan keceriaan dan semangat baru dalam keluarga. Nikmati waktu kebersamaan dengan bermain pasir pantai atau berenang. Bepergian seharian demi menghilangkan stress dan mendatangkan senyum, tak ada salahnya, kan?

4. Taman

tempat menghilangkan stress di medan
Foto: dekoruma.com

Bunga adalah salah satu benda yang mampu mendatangkan kedamaian dalam diri seseorang. Warnanya yang indah dan beraneka ragam, serta aroma harumnya yang memanjakan penciuman, dapat menimbulkan efek menenangkan, terutama bagi seorang wanita.

Hijaunya rerumputan juga diyakini dapat menyegarkan kembali pikiran yang lelah,

Berjalan sore di sebuah taman bunga sambil menikmati udara segar bisa menjadi sarana penghilang stress yang ampuh. Sambil memandang sekeliling, rasakan ketenangan melalui hembusan angin dan pemandangan sekitar.

Mensyukuri karunia Tuhan melalui ciptaanNya yang indah, mampu menghadirkan ketenangan dan kedamaian dalam jiwa.

5. Tempat Ibadah

Foto: dasarguru.com

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mendatangi tempat ibadah ketika pikiran sedang suntuk, mampu membantu kita menenangkan diri. Memasrahkan diri kepada Tuhan adalah salah satu cara terbaik ketika kita merasa semua masalah terasa berat dan sulit terselesaikan.

Nah, selain tempat-tempat di atas, menjaga kondisi spiritual juga sangat penting untuk menjaga diri terhindar dari stress. Seseorang yang bisa menyeimbangkan urusan dunia dan ibadah, akan lebih mudah terhindar dari stress.

Dari kelima tempat penghilang stress di atas, manakah yang menjadi tempat favoritmu untuk menghilangkan stress? Apapun itu, usahakan selalu menghindari tempat-tempat yang merugikan, ya, guys…