Halo, Takaiters!

Sekarang ini semakin banyak restoran yang menyajikan salad ala western. Dan peminatnya banyak banget lho, Guys! Padahal kita bangsa Indonesia punya, lho, salad asli buatan nusantara. Mau kenalan sama salad nusantara yang bikin mulut susah berhenti mengunyah?

Yuk, simak ulasannya!

1. Gado-Gado

Foto: sipendik.com

Makanan khas Jakarta ini sampai sekarang masih banyak diburu. Gado-gado biasanya terdiri dari sayuran rebus yaitu kentang, kacang panjang, kubis, jagung, labu siam, paria dan ketimun. Disajikan dengan nasi atau lontong. Biasanya bumbu gado-gado dibuat dadakan, dengan level kepedasan sesuai selera pembeli. Bumbu kacangnya yang nikmat membuat gado-gado selalu jadi incaran pegawai kantor pada saat makan siang. Eits, jangan lupa lho kerupuk sebagai toppingnya!

2. Lotek

Foto: resepmasakan-sunda.blogspot.com

Makanan full sayur ini berasal dari tanah Sunda. Sama seperti Gado-gado, lotek pun memiliki bumbu kacang yang dibuat dadakan. Namun, lotek biasanya ada 2 pilihan. Lotek matang atau mentah. Lotek matang biasanya terdiri dari rebusan sayur kangkung, genjer, nangka, kacang panjang, labu siam. Tetapi kalau lotek mentah biasanya hanya berupa sayur mentah yang terdiri dari kubis, tauge, terong bulat, kacang panjang dan ketimun. Sama seperti gado-gado, lotek pun disajikan dengan nasi atau lontong. Dan tak lupa lagi-lagi penyedapnya adalah topping kerupuknya, Guys!

3. Karedok

Foto: food.detik.com

Karedok ini bisa dibilang masih saudara dengan lotek, Guys! Selain sama-sama berasal dari tanah Sunda, isian sayurnya pun hampir mirip dengan lotek mentah. Hanya untuk karedok di dalam pembuatan bumbu kacangnya ditambah dengan kencur dan isiannya ditambah daun kemangi. Itulah ciri khas dari karedok sekaligus menjadi pembeda dari lotek mentah.

Pilihan Editor

4. Pecel

Foto: ngalam.co

Makanan asli Jawa Timur ini juga nggak kalah enaknya lho, Guys. Bumbu kacangnya biasa kita sebut dengan bumbu pecel. Saking terkenalnya, bumbu pecel banyak dijual dalam bentuk kering yang nantinya bisa diseduh air panas untuk mengencerkannya. Sayuran yang terdapat dalam pecel biasanya rebusan kangkung, tauge, labu siam, kacang panjang. Berbeda dengan yang lainnya, biasanya pecel memiliki topping rempeyek kacang atau teri Guys. Yummy ‘kan!

5. Asinan

Foto: dapurkobe.co.id

Asinan adalah makanan yang sudah melanglangbuana. Jadi agak sulit didefinisikan awalnya berasal dari mana. Asinan pun beragam jenisnya. Ada yang buah dan sayur. Bumbunya juga ada dua macam, Guys! Ada bumbu merah berupa kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis dan pedas. Satu lagi adalah bumbu kacang dicampur cairan gula merah. Namun yang pasti, asinan memiliki khas berupa sayur atau buah mentah yang telah melalui proses pengasinan atau pengasaman dengan garam dan cuka.

Sayur yang digunakan biasanya hanya kubis, wortel dan sawi ditambah dengan tahu ataupun kacang tanah. Untuk buah lebih beragam lagi buah yang digunakan. Dan biasanya toppingnya adalah kerupuk mie. Sensasi segarnya asinan ini bikin kamu ingin tambah lagi dan lagi.

Gimana, Guys? Tertarik untuk mencoba salad asli Indonesia tadi? Dijamin rasanya nggak kalah yummy dengan salad ala western! Jadi jangan ragu untuk mencicipinya, ya! Selain porsinya yang lumayan besar, harganya pun nggak bakalan bikin kantong jebo,l deh!