Halo, Takaiters!

Website atau blog pribadi saat ini adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi pengguna internet. Melalui blog pribadi, orang bisa dengan mudah dan leluasa mencipta rumah virtual. Di rumah virtual tersebut kita bisa  meletakkan karya berupa tulisan, foto, juga memajang barang dagangan.

Untuk membuat blog atau website yang menarik dan punya selling poin yang tinggi memang tidak mudah.  Dengan bimbingan yang tepat, setiap orang bisa membuat website sendiri, meski tanpa pengetahuan tentang koding sedikit pun.

Nah, ini adalah review Training di Jasoweb, berdasarkan pengalaman saya mengikuti training Kelas Web untuk Pemula 3.0. Training berlangsung selama satu bulan mulai 20 Januari 2019. Bersama Jasoweb, membuat web serasa semudah menjentik jari, tidak percaya? Yuk, simak 5 rahasianya.

1. Tempat Training yang Tepat

Berbagai macam training online dilaksanakan dengan beragam materi, tempatnya pun beragam. Nah, training Jasoweb kelas Web, dilaksanakan di Whatsapp group, yang paling mudah diakses meskipun dengan jaringan internet yang kurang maksimal. Berbeda dengan penyedia room chat lain yang membutuhkan jaringan internet prima baru bisa bekerja.

Untuk memudahkan mempelajari materi, dibuat dua WAG yaitu group khusus materi yang diatur hanya admin yang bisa posting tulisan. Satu lagi group untuk koordinasi antara mentor, PJ training, dan peserta.

Hal ini sangat membantu peserta ketika waktu praktik tiba. Materi akan tetap aman di WAG khusus materi tanpa khawatir tenggelam dalam obrolan.
Dengan dilaksanakan di group WA maka peserta yang terlambat online pada saat penyampaian materi dengan mudah bisa scroll up chat tanpa mengganggu peserta lain.

Whatsapp group training, Dok: Pribadi

2. Free Domain dan Sewa Hosting

Salah satu poin yang saya suka dari training Jasoweb kelas Web ini adalah bahwa peserta mendapat free domain dengan nama yang dipilih sendiri oleh peserta dan sewa hosting selama tiga bulan.

Pada tahap ini peserta dipandu untuk melakukan pemesanan domain dan sewa hosting sendiri yang pembayarannya dilakukan oleh Jasoweb. Ini adalah materi pertama yang diberikan dan langsung dipraktikkan pada awal pertemuan.

Contoh materi, Foto: dokumen pribadi

3. Materi yang Mudah Dipraktikkan

Bagi sebagian orang, membuat web adalah sesuatu yang sulit lagi rumit. Tetapi pada training ini Endo Putra selaku mentor merubah kerumitan menjadi sesuatu yang simple dan mudah dilakukan.

Kenapa? Materi yang disampaikan dibuat dengan bahasa sederhana yang sangat mudah dipahami dan diikuti langkah-langkahnya.

Cover materi training. Foto: doukumen pribadi

Keraguan pada awal masa training menjadi sirna ketika satu demi satu materi dibaca dan dipraktikkan peserta. Tanpa terasa peserta melahap dengan lancar materi mulai mengatur judul dan tag line website, meng-upload tulisan, memasang gambar unggulan, mengisi kategori, tag sampai menampilkan tulisan.

Obrolan di group peserta menjadi lebih seru ketika materi sudah masuk pada membuat halaman, memasang tema dari website berbasis wordpress.

Pada materi ini masing-masing peserta mulai mendapat pendampingan secara privat dengan cara wapri ke nomor WA mentor. Hal ini disebabkan kebutuhan penyelesaian masalah mulai berbeda untuk tiap peserta.

Tema yang dipilih tiap peserta berbeda, sehingga problem solving-nya pun tidak sama. Masing-masing peserta memiliki kreatifitas berbeda untuk mempercantik website.

4. Waktu Training Panjang dan Pendampingan Nyaman

Foto: pexels.com

Ini yang sangat menguntungkan peserta, yaitu masa pendampingan yang cukup panjang, lebih kurang satu bulan.

Untuk kelas atau penyampaian materi dan diskusi bersama dalam WAG dilaksanakan pada hari Senin hingga Kamis, pukul 20.00 – 22.00 WIB

Begitulah Jasoweb membuat kelas ini menjadi sangat menyenangkan untuk diikuti. Jasoweb, Penyedia Jasa Pembuatan Website Murah dan Profesional, menawarkan jasa pembuatan dan pengelolaan website, berupa pembuatan artikel dan jasa SEO website.

Jasa ini cocok bagi kamu yang sibuk dan tidak suka berkreasi dengan internet. Sedangkan untuk yang ingin tampil beda dengan website buatan sendiri, training ini diadakan untuk memenuhi kebutuhan milenials people tersebut.

5. Training Group dengan Pendampingan Privat

Training website batch4. Foto: dokumen pribadi

Pada minggu-minggu akhir training, WAG tidak lagi banyak obrolan dan materi, karena peserta sibuk mengutak-atik website. Peserta juga berusaha memenuhi jumlah minimal artikel sebanyak 25 untuk bisa didaftarkan pada Google Adsense.

Waktu-waktu kosong materi  ini saya manfaatkan untuk menyelesaikan pembuatan website. Tiap hari selalu ada yang saya konsultasikan ke mentor, dan Endo Putra hampir selalu menanggapinya dengan segera, terutama pada jam training.

Jadi, meskipun training ini sebenarnya bersifat group atau klasikal, tetapi pendampingan peserta seperti mengikuti training privat, sedap!

Lima rahasia inilah yang membuat saya merasa sangat beruntung berkesempatan mengikuti Training di Jasoweb Kelas Web Pemula 3.0. Hal yang sebelumnya terasa susah dan mahal menjadi mudah dan murah bersama Jasoweb.

Rasanya tidak adil jika saya hanya menyampaikan kelebihan training ini. Supaya seimbang saya sampaikan juga beberapa kekurangan.

Yang utama adalah masalah jaringan yang sebenarnya adalah kekurangan yang sangat bisa dimaklumi. Hal ini pun menjadi kendala setiap penyelenggaraan training online. Selesai membaca materi terkadang peserta tidak bisa langsung praktik karena jaringan internet tidak mendukung.

Kekurangan ini bisa diatasi dengan melakukan praktik pada pagi hari dan mentor dengan baik hati mengganti waktu konsultasi esok hari.

Kekurangan lain adalah diskusi kelas yang cenderung sepi, karena masing-masing peserta fokus pada website yang dibuat dan menyampaikan permasalahan langsung pada mentor. Padahal jika masalah yang ada disampaikan di group kelas, peserta lain bisa belajar dari masalah atau kesalahan peserta lain.

Secara keseluruhan, training ini asik dan menarik untuk diikuti. Seperti halnya judul tulisan ini, bersama Jasoweb, membuat website menjadi sangat mudah, segampang menjentik jari.

Kabar baik jika kamu tertarik membuat sendiri website atau blog adalah bahwa kelas batch 4 sudah dibuka, loh.

Dan Jasoweb, Penyedia Jasa Pembuatan Website Murah dan Profesional, selain memiliki kelas Website bagi pemula juga membuka kelas toko online.

Flyer training toko online

Untuk kamu yang memilih terima jadi dan tinggal mengisi, Jasoweb bisa juga memberi solusi. Klik di sini untuk mendapat informasi lebih lengkap lagi.

Memiliki website atau blog pribadi, sekarang bukan impian lagi, wujudkan bersama  Jasoweb, Penyedia Jasa Pembuatan Website Murah dan Profesional