Hai, Takaiters!

Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar kata Pacitan? Yup! Pantai yang indah dan gua yang menawan.

Meski terletak di kota kecil di ujung barat daya provinsi Jawa Timur, pesona wisata Pacitan enggak kalah dibanding tempat wisata terkenal lain seperti Bali dan Lombok, lo. Nah, bagi kamu yang hobi jalan-jalan ke pantai, berikut ini ada lima pantai keren di Pacitan yang bisa kamu kunjungi. Let’s check it out!

1. Pantai Klayar

Foto: jejakpiknik.com

Pantai Klayar merupakan pantai favorit di kalangan traveler, lo, Takaiters. Obyek wisata pantai yang terletak sekitar 40 km ke arah barat kota ini menjadi ikon kabupaten Pacitan.

Pantai ini memiliki batu karang yang bercelah sehingga setiap kali ombak menerpa, terdengar bunyi semacam siulan. Keren banget, deh!

Uniknya lagi, di pantai Klayar kamu bisa menyaksikan fenoma air laut yang memancar keatas kurang lebih setinggi 8-10 meter. Fenomena yang langka dan unik ini disebabkan oleh semburan air laut dengan tekanan tinggi yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.
Tidak hanya itu, di pantai ini juga terdapat karang raksasa yang bentuknya sekilas mirip Sphink yang tingginya kurang lebih 50 meter, Takaiters. Enggak salah deh kalau pantai ini dijuluki surga yang tersembunyi di Pacitan.

2. Pantai Srau

Foto: eastjava.com

Berada sekitar 25 km dari pusat kota Pacitan, kamu bakal langsung mendapatkan tiga keindahan pantai sekaligus di Srau, Takaiters.

Pantai Srau terbagi menjadi 3 lokasi pantai yang dikeliling bukit karang. Pada lokasi pertama, kamu akan menemui pantai yang letaknya tidak jauh dari pos tiket. Lokasi ini menampilkan beberapa batu batu karang yang membentuk bukit di bibir pantai. Bukit karang tersebut ada yang berbentuk seperti terowongan. Deburan ombak yang memasuki lubang terowongan tersebut menjadi keunikan tersendiri di Pantai Srau.

Di lokasi kedua terdapat tempat duduk yang terbuat dari beton untuk bersantai. Bagi kamu yang hobi berselancar, lokasi bisa menjadi pilihan yang asyik. Untuk menuju lokasi kedua ini, kamu hanya perlu berjalan ke arah barat dari lokasi pos penjagaan dengan melewati jalan aspal kecil.

Di lokasi ketiga, terdapat anjungan kecil untuk menikmati sunset di pantai Srau. Dari sisi ini, kamu bisa melihat batu karang menonjol tang bentuknya mirip ikan hiu. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu harua berjalan ke barat dari dari lokasi pertama dan kedua.
Kamu tinggal memilih spot yang kamu sukai untuk menikmati pesona pantai Srau, Takaiters.

Pilihan Editor


3. Pantai Karang Bolong

Foto: mytravelingphotograph.blogspot.com

Pantai Karang Bolong berada dalam satu area bersama pantai Klayar. Pantai ini berupa tebing berlubang yang menjorok ke bagian laut.

Bagian atas tebing ini permukaanya datar dan luas serta ditumbuhi rerumputan hijau dan pepohonan. Pemandangan ini membuatmu seolah berada di sebuah resort dengan pemandangan pantai.

Di sisi barat Karang Bolong terdapat sebuah air terjun yang langsung jatuh ke laut. Air terjun ini adalah muara sungai kecil yang ada di atas dan aliranya terputus oleh tebing sehingga airnya langsung turun ke laut. Meskipun sifatnya hanya musiman, hanya terlihat di saat musim penghujan, air terjun ini membuat tempat ini semakin eksotis, lo, Takaiters.

4. Pantai Kasap

Foto: ksmtour.com

Pantai ini memiliki view yang mirip dengan salah satu pantai di Indonesia yang cukup populer yaitu Raja Ampat. Untuk menikmati view ini kamu harus naik ke bukit di sebelah pantai dengan melewati jalan setapak. Dari atas bukit itulah kamu akan dimanjakan dengan pemandangan keren berupa pulau-pulau kecil ada di tengah laut.

Pantai ini masih tergolong alami dan belum dikelola penuh oleh pemerintah sehingga belum banyak dikunjungi orang. Di tepi pantai ini kamu bisa menikmati sunset dengan suasana pantai selatan yang indah.

5. Pantai Banyu Tibo

Foto: netz.id

Bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan air terjun dan pantai sekaligus, di sini lah tempatnya, Takaiters. Di pantai ini kamu bisa menikmati air terjun yang mengucur ke pantai selatan.

Nama Banyu Tibo diberikan oleh masyarakat sekitar, artinya air yang jatuh. Air terjun di pantai Banyu Tibo tidak terlalu tinggi. Kamu dapat bermain di atas air terjun sambil menikmati keindahan laut lepas.

Nah, itu dia lima pantai di Pacitan yang keindahannya tak kalah dibanding pantai-pantai terkenal lain di Indonesia, Takaiters. So, jangan ditunda lagi, segera agendakan berlibur ke sana ya!