Holla, Takaiters!

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Banda Aceh, jangan pernah lewatkan menikmati kuliner khas kota Serambi Mekkah ini. Aceh memang sangat terkenal dengan beragam kulinernya yang sangat menggoda.

Tak jauh berbeda dengan daerah lainnya, Aceh juga punya menu berbuka yang sangat istimewa, lo, Guys. Menu ini memang selalu ada saat Ramadan tiba. Kira-kira apa saja, ya, Guys? Simak ulasannya, ya!

Oen Puegaga yang sudah mulai langka ini menjadi salah satu menu berbuka khas Aceh yang sangat istimewa, Guys

Foto: idnjurnal.com

Siapa yang kenal dengan kuliner khas Aceh satu ini? Disebut sangat menyehatkan, ternyata Oen Puegaga merupakan sambal lalap yang terbuat dari 40 jenis dedaunan khas Aceh, lo. Cara membuatnya pun tak bisa sembarangan, Guys. Jika melakukan kesalahan dalam proses pembuatannya, bisa-bisa sambal lalap ini akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Masyarakat Aceh akan menguapkan daun-daun itu sebelum dipotong. Daun-daun yang telah dicincang itu kemudian diremas dan diberi bumbu. Bumbu rahasia dari Oen Puegaga terdiri dari cabai, parutan kelapa sangrai, bawang merah, asam sunti serta sedikit cincangan udang.

Duh, membayangkan saja sudah ngiler, Guys. Gimana kalau nyobain langsung, ya?

Bubur Kanji Rumbi bisa menghangatkan perutmu yang kosong, lo

Foto: penggorenganwajankuali.blogspot.com

Menu satu ini merupakan bubur ayam khas Aceh, Guys. Bubur Kanji Rumbi ini biasa disajikan saat berbuka. Dibuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti merica, jintan, kembang lawang, adas, kapulaga, dan jahe menjadikan rasanya sangat khas dan lain dari bubur ayam yang sering kamu jumpai.

Bubur Kanjir Rumbi punya khasiat mengeluarkan angin dari tubuh sehingga kamu tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa menikmati bubur super yummy ini di masjid Al-Furqon kelurahan Beurawe. Setiap pukul dua siang para panitia akan membuat Bubur Kanji Rumbi untuk kemudian disajikan bagi jamaah masjid yang ingin berbuka puasa di sana.

Mi Caluk, Spaghetti ala Aceh ini siap menjadi menu wajib saat berbuka puasa kamu di Aceh

Foto: steemit.com

Menjelang berbuka, kamu bisa menemukan para panjual Mi Caluk di pinggir jalan. Dengan tenda kecil, para pedagang Mi Caluk sibuk melayani pelanggannya.

Apa, sih, Mi Caluk itu? Mi Caluk merupakan salah satu menu tradisional khas Aceh yang mirip banget dengan Spageti. Dibuat dari mi lidi yang direbus hingga lunak kemudian diberi siraman kuah kacang yang super yummy.

Saat Ramadan, kuliner satu ini benar-benar menjamur di Aceh. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika tidak kebagian, Guys. Rasanya yang lezat membuat menu berbuka satu ini menjadi primadona yang banyak dicari. Kamu juga pengen ‘kan?

Menyantap segelas Es Rujak Lincah Mameh tak akan pernah cukup, Guys

Foto: jadiberita.com

Kamu pasti tidak bisa menolak kesegaran Es Rujak Lincah Mameh ini, Guys. Dibuat dari parutan buah-buahan seperti bengkuang, mangga muda, mentimun serta buah-buahan kaya nutrisi lainnya menjadikan takjil khas Aceh satu ini begitu digemari.

Mameh berarti manis. Kuah Es Rujak Lincah Mameh ini terdiri dari cabai, gula pasir, jeruk nipis, kacang tanah kupas yang telah digoreng kemudian ditambahkan air. Pasti enak banget disantap saat berbuka, ya, Guys.

Gurihnya Martabak Telur Aceh bikin buka puasamu jadi spesial banget

Foto: food.detik.com

Tak hanya martabak manis, martabak asin pun cocok dijadikan sebagai menu berbuka. Berbeda dengan mertabak telur pada umumnya, martabak telur khas Aceh ini lebih mirip dengan telur dadar, Guys.

Uniknya, kulit martabak ini justru ada di dalam dan telurnya berada di bagian luar. Martabak Telur Aceh cocok dimakan bersama acar atau kuah kari. Yakin tidak mau mencoba?

Yup! Itulah beberapa jenis kuliner khas Aceh yang selalu ada setiap Ramadan. Semuanya sangat cocok disantap ketika berbuka puasa. Buka puasa bersama keluarga menjadi sangat spesial dengan kuliner khas nusantara yang sangat istimewa ini. Cobain, yuk!