Halo, Takaiters!

Menjaga makanan yang kita makan setiap harinya menjadi keharusan untuk menjaga tubuh dan juga kesehatan. Selain itu, asupan nutrisi serta vitamin juga harus diperhatikan dalam setiap komposisi makanannya.

Selain kandungan-kandungan tersebut, porsi makan juga menjadi hal yang tak luput dari perhatian dalam hal makan ini, terutama untuk kamu yang sedang melakukan diet. Nah, tahukah kamu kalau ada beberapa makanan yang tak bikin gendut meski disantap dalam porsi banyak? Simak ulasannya berikut ini!

Telur

Foto: pexel.com

Telur dikenal sebagai sumber protein, telur ternyata rendah kalori dan mengandung jumlah mineral serta vitamin penting bagi tubuh. Mengonsumsi telur dalam jumlah banyak ternyata tak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga dapat menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Rochester Center for Obesity Research, mengkonsumsi telur saat sarapan bisa menurunkan asupan kalori harian sebanyak 400 kalori.

Cottage Cheese

Foto: housewifehowtos.com

Cottage cheese juga rendah kalori, tinggi protein, dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Karena mengandung indeks glikemik yang rendah, maka keju ini tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak. Sebuah penelitian bahkan mengungkap, mengkonsumsi cottage cheese dapat membuat kamu kenyang sama halnya saat mengonsumsi telur.

Daging Kalkun

Foto: merdeka.com

Daging yang biasa disajikan saat perayaan Thanksgiving dan Natal ini ternyata dikategorikan makanan  ringan yang akan membuat kamu tetap kurus meski dikonsumsi dalam jumlah banyak. Bahkan menurut LiveStorng, daging ini mengandung rendah lemak dan penting dalam penurunan berat badan. Selain itu, daging ini memiliki jumlah lemak dan kalori yang sedikit dibandingkan daging lain seperti, ayam, babi, sapi, dan domba.

Ikan

Foto: pexel.com

Ikan merupakan sumber protein yang baik dikonsumsi dalam menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh SF Gate, pria yang mengkonsumsi ikan 3 kali seminggu selama priode delapan minggu mampu menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi ikan sama sekali. Namun, perlu diingat bahwa ikan yang sehat merupakan ikan yang dimasak tanpa kalori ekstra dan minyak goreng.

Popcorn

Foto: pexel.com

Menurut LiveStrong, camilan yang biasa disantap saat menonton film itu ternyata dapat mengendalikan rasa lapar. Tak hanya itu, camilan ini juga tidak akan membuat badanmu membengkak meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Soalnya, popcorn berasal dari jagung yang rendah kalori. Namun, jika kamu menambahkan gula dalam makanan tersebut, akan berdampak lain, ya.

Itulah 5 makanan yanga enggak akan bikin kamu gendut walaupun dikonsumsi dalam porsi banyak, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan juga cara pengolahannya, ya. Semoga bermanfaat.