Halo, Takaiters!

Kamu tahu ‘kan kalau saat ini tidak mudah untuk memiliki rumah dengan lahan yang luas. Namun, keterbatasan lahan tidak menjadi hambatan untuk membuat rumah tampak lebih luas dan estetis. Mezanin dapat menjadi solusi agar rumah impianmu nyaman dihuni.

Kata mezanin atau mezzanine berasal dari bahasa Italia, mezzo, yang berarti bagian tengah. Secara umum, mezanin dibangun menjorok di antara dua tingkat bangunan dalam sebuah gedung.

Namun saat ini, mezanin dibangun sebagai lantai tambahan yang berada di dalam bangunan. Hal itu dilakukan agar penambahan mezanin tidak merusak bangunan yang ada.

Nah, Takaiters, berikut 5 inspirasi desain mezanin yang dapat kamu terapkan agar rumah impianmu semakin nyaman dihuni.

  1. Mezanin Sebagai Area Kerja

    Inspirasi Desain Mezanin
    Foto: pixabay.com

Keberadaan ruang kerja di lantai mezanin dapat menjadikan suasana kerja lebih tenang. Ruang kantor dapat didesain agar nyaman dan sesuai dengan fungsinya melalui penambahan dekorasi. Tangga dapat di desain sedemikian rupa agar tampak lebih menarik.

  1. Mezanin Sebagai Ruang Bermain Anak dan Perpustakaan Mini.

Inspirasi desain mezanin untuk ruang keluarga
Foto: dreamstime.com

Mezanin sebagai  ruang bermain dan perpustakaan mini dapat diaplikasikan pada kamar anak. Kamar yang kecil akan tampak luas dan memiliki ragam fungsi. Gunakan pembatas dengan desain yang kuat dan aman agar anak merasa nyaman.  Tempat tidur juga dapat ditempatkan pada lantai mezanin. Ruang belajar, perpustakaan, dan ruang bermain ditempatkan di bawahnya.

  1. Mezanin Sebagai Kamar Anak

Inspirasi desain mezanin untuk kamar
Foto: dreamstime.com

Luas lahan yang terbatas menyebabkan kesulitan bila ingin menambah jumlah ruangan. Menggabungkan dua kamar seperti kamar utama dan kamar anak dapat dilakukan dengan desain mezanin. Tangga dapat diaplikasikan untuk menghubungkan kedua kamar.

  1. Mezanin untuk Perpustakaan

Foto: commons.wikimedia.org

Bila kamu pecinta buku, keberadaan perpustakaan tentu sangat penting. Koleksi buku memerlukan tempat penyimpanan yang mudah dijangkau dan menjadi tempat menyenangkan untuk membaca.

Lantai mezanin dapat didesain sebagai perpustakaan sesuai dengan jumlah koleksi buku. Tambahkan kursi atau sofa sebagai area baca. Melalui desain yang tepat, perpustakaan dapat juga menjadi tempat berkumpul keluarga.

  1. Mezanin di Atas Ruang Penyimpanan (Storage)

Foto: dreamstime.com

 

Meskipun bukan ruang utama, keberadaan ruang penyimpanan sangat penting. Lantai mezanin dapat diaplikasikan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Lantai mezanin dapat ditempatkan di atas tempat penyimpanan yang didesain tertutup. Inspirasi desain mezanin yang tepat, akan membuat ruang penyimpanan menarik dan memiliki nilai tambah.

Nah, Takaiters, perhatikan desain rumah bila ingin mengaplikasikan mezanin , ya, agar berfungsi secara maksimal dan tentu saja tampak asri.