Hola, Takaiters!

Tak terasa, ya, kita sudah memasuki tahun 2020 . Berbagai rencana sudah mulai dijalankan termasuk rencana bisnis yang prospeknya bagus.

Tren menjadi pengusaha, kini mulai digandrungi kaum milenial. Di tengah persaingan bisnis yang makin semarak dan ketat, kita dituntut mencari ide bisnis unik dan belum pernah dilirik.

Ide bisnis yang biasa-biasa saja tentunya sudah terlalu mainstream, ya, Guys. Nah, saatnya memikirkan sesuatu yang unik dan baru untuk bisnismu.

Yuk, simak ide bisnis unik untuk kamu coba di tahun ini!

1. Kuliner Sehat Berbahan Organik

Foto: pegipegi.com

Wah, yang namanya bisnis kuliner memang tidak akan ada habisnya, ya, Guys. Apalagi kalau dikelola dengan sangat baik dan profesional, tentu hasilnya akan maksimal. Namun, seiring dengan meningkatnya tren dan kesadaran gaya hidup sehat, coba, deh, bisnis kuliner sehat berbahan organik.

Kamu bisa, lo, menjual aneka olahan makanan dari bahan-bahan organik seperti kudapan, puding, kue, minuman, dan sebagainya. Jangan lupa untuk memiliki target konsumen yang jelas, ya.

2. Agrobisnis

Foto: dackbloom.blogspot.com

Meski bukan lulusan teknik pertanian, kamu bisa mencoba agrobisnis dengan sistem hidroponik, yakni sistem bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Kamu bisa mengembangkannya menjadi sentra agrowisata.

Para pengunjung bisa memetik sendiri hasil kebun. Selain itu, olahan makanannya bisa kamu kemas secara modern. Sesuaikan dengan jiwa milenial anak muda zaman now. Manfaatkan media sosial dan e-commerce untuk memasarkan produkmu.

3. Jasa Pembuatan Konten

Foto: pexels.com

Maraknya anak muda yang berprofesi sebagai influencer dan YouTuber bisa kamu manfaatkan untuk jasa pembuatan konten. Kamu yang jago menyunting video, wajib melirik bisnis ini. Perkenalkan saja hasil suntinganmu di internet.

Oh, ya, kamu yang pandai menulis, bisa juga menghasilkan rupiah dari bisnis menulis konten artikel untuk blog dan media online

4. Menyediakan Pernak-Pernik Fotografi

Foto: flickr.com

Tren food photography dan swafoto bisa kamu manfaatkan untuk menyediakan pernak-pernik fotografi. Kamu bisa menyewa studio kecil, lengkap dengan latar belakang untuk berfoto ria.

Butuh modal agak besar, sih. Namun, kalau kamu pandai memilih tempat strategis dan target pasar yang tepat, bisnismu tentu akan menggurita.

5. Berjualan dengan Media Truk

Foto: travel.tribunnews.com

Guys, pernah mendengar food truck? Ide berjualan dengan menggunakan media truk atau mobil besar bisa menjadi pilihan bisnismu.

Kamu tidak hanya bisa menjual makanan, tetapi juga barang-barang lain seperti pakaian, aksesoris unik, boneka, dan sebagainya atau kamu juga bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa pindah rumah atau kos.

Bagaimana, Takaiters? Tertarik untuk memulai usaha sampingan di tahun 2020? Selamat mencoba, ya.