Hai, Takaiters!

Ubi jalar adalah sejenis tanaman umbi-umbian. Tanaman merambat yang akarnya membentuk umbi mempunyai gizi yang tinggi.

Di beberapa negara, terutama di negara-negara Benua Afrika. Ubi Jalar dijadikan sebagai makanan pokok.

Ubi Jalar tumbuh subur di Indonesia, selain cara menanamnya yang mudah, banyak masyarakat yang menyukai umbi tersebut. Beraneka warna ubi jalar yang bisa kita temui, seperti yang berwarna ungu, putih,dan kuning.

Sangat mudah untuk menikmati umbi yang satu ini, karena bisa dinikmati dengan dikukus, digoreng bahkan dibakar. Selain itu, masih banyak jenis makanan yang berbahan dasar ubi jalar, yang bisa kamu nikmati, Guys. Mau tahu ? Yuk, kita simak apa saja.

1. Klepon

Foto: liputan6.com

Klepon adalah jajanan pasar yang sampai saat ini masih digemari. Cara membuatnya pun sangat mudah, Guys. ubi jalar yang sudah dikukus kemudian dihaluskan dicampur dengan tepung ketan, garam, dan air. Uleni hingga kalis, bentuk bulat, di dalamnya diisi gula merah. Masukan dalam air mendidik hingga mengembang, angkat taburi dengan parutan kelapa. Disajikan dengan secangkir teh panas. Uenak banget!

2. Kolak Biji Salak

Foto: youtube.com

Kolak biji salak sering dijumpai ketika bulan Ramadan tiba. Tapi, Guys. Jangan pernah berpikir kalau makanan ini, benar-benar dari biji salak,ya!

Makanan ini  berbahan dasar ubi yang dikukus lalu dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung kanji, garam,  dan air. Uleni hingga kalis. Bentuk lonjong menyerupai biji salak, masukan kedalam air mendidih. Setelah mengembang, masukan gula merah kemudian aduk sebentar sampai gula merah larut. Lalu  angkat, tuangkan ke mangkok, siram dengan santan kental dan matang. Ehmm mantul banget.

3. Keripik Ubi

Foto: pontianak.tribunnews.com

Guys, bukan hanya singkong, kentang, dan talas yang bisa dibuat keripik. Ubi pun bisa dibikin keripik. Caranya, Guys. Ubi dibuang kulitnya, diiris tipis, lalu digoreng hingga kering. Mau dibumbui atau tidak, keripik ubi jalar tetap enak.

4. Kue Lumpur

Foto: selerasa.com

Camilan lainnya yang berbahan dasar ubi dan tak boleh kamu lewatkan adalah kuue lumpur. Camilan ini dijamin enak banget. Untuk membuatnya sangat mudah. Ubi yang sudah dikukus dan dihaluskan, dicampur santan, garam, vanili, gula pasir, telur, terigu, dan mentega. Aduk rata, tuangkan adonan ke dalam cetakan kue yang sudah diolesi mentega. Panggang hingga matang, angkat. Sajikan selagi hangat.

Itulah beberapa makanan yang berbahan dasar ubi jalar yang wajib kamu coba, Guys. Dijamin kamu pasti ketagihan untuk menikmatinya kembali.