Hai, Takaiters!

Pernah mendengar agar-agar? Ada yang tahu bahan dasarnya kah? Jawabannya adalah rumput laut. Tahukah Takaiters ternyata rumput laut tidak hanya dinikmati dalam bentuk agar-agar? Rumput laut segar pun sangat lezat untuk dimakan, lo.

Di desa Gesikharjo, kecamatan Palang, kabupaten Tuban, Jawa Timur, menjelang awal musim hujan seperti ini biasanya sedang mengalami musim panen rumput laut. Tanaman ini tidak dibudidayakan di sana, akan tetapi pada masa seperti ini rumput laut akan menepi ke perairan dangkal akibat terbawa ombak.

Ada dua jenis rumput laut yang sering terbawa arus hingga ke tepian. Hal ini menarik masyarakat untuk mengambilnya. Kedua rumput laut ini adalah jenis gellidium yang sering dipakai untuk bahan baku agar-agar, serta jenis hypnea atau masyarakat setempat menyebutnya dengan engos-engos, yang lebih banyak dikonsumsi segar.

Nah, pasti Takaiters belum banyak tahu seperti apa saja menu yang berbahan dasar rumput laut ini, bukan?

Berikut kita simak 3 cara asyik menikmati rumput laut segar yang khas dari Tuban, di antaranya:

1. Urap-Urap Rumput Laut

Foto: travel.tempo.co

Setelah dicuci bersih, rumput laut segar dapat direbus atau dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amisnya. Kemudian ditabur dengan bumbu kelapa yang gurih. Perpaduan rasa gurih dan kenyal dari kelapa dan rumput laut akan terasa sangat pas di lidah.

2. Dicampur dengan Mi Instan

Foto: cookpad.com

Cara lain untuk menikmati rumput laut segar adalah dengan dicampurkan ke dalam mi instan, baik itu mi goreng maupun mi rebus. Sensasi lezatnya, akan membuat makan mi jadi lebih bersemangat.

3. Dimakan dengan Bumbu Rujak

Foto: kooliner.com

Nah, yang ketiga ini adalah favorit sebagian masyarakat di desa Gesikharjo. Rumput laut yang dimakan dengan bumbu rujak petis menjadi andalan masyarakat di sana. Ketika musim begini, para penjual rujak biasanya akan menambah menu rujak petis rumput laut yang sangat digemari oleh pembelinya. Dengan aroma khas petis ikan berpadu dengan kenyalnya rumput laut, makan rujak jadi lebih asyik. Dijamin akan nambah berkali-kali.

Nah, Takaiters, itulah beberapa cara asyik menikmati rumput laut segar. Mumpung sedang musim seperti ini, enggak ada salahnya untuk mencoba.