Halo, Takaiters!

Saat kamu tidak sukses dengan satu ide bisnis, maka kamu  bisa mencari peluang dan ide-ide bisnis lainnya. Ingat sebuah  pepatah bahwa guru terbaik adalah pengalaman. Begitupun juga dalam dunia bisnis, sepintar apa pun teori yang kamu  miliki, jika tidak praktik dan terjun langsung dalam dunia bisnis, maka teori bisnis kamu  akan menjadi teori selamanya.

Ada beberapa ide bisnis yang bisa kamu  pertimbangkan:

Makanan Sehat: Cold-Pressed Juice dan Makanan Diet

Foto: lifeberrys.com

Cold-pressed juice mengandung sari buah murni dari buah utuh yang diproses menggunakan slow juicer yang bisa memisahkan ampas buah dan sarinya, sehingga kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral tetap terjaga.

Selain itu, kamu bisa mencoba bisnis catering diet sehat. Banyak di antara pelaku diet sehat kesulitan dalam menyediakan menu diet karena kesibukkan mereka.

Kamu bisa menciptakan makanan baru dan berbeda dengan mengutamakan rasa yang enak serta sehat, sesuai dengan standar gizi.

2. Laundry

Foto: pexels.com

Peluang usaha laundry bisa dibilang cerah dan juga menjanjikan. Dengan bermodalkan Rp 10—50 juta dan lahan minimal 4×4 meter, kamu sudah dapat memulai usaha ini.

Bisnis ini tak akan mati karena setiap hari manusia membutuhkan pakaian yang harus dicuci bukan? Kamu bisa mencari lokasi usaha strategis yang dihuni banyak mahasiswa atau pasangan bekerja.

3. Freelance

Freelance bisa jadi sebuah solusi bagi kamu yang tidak mau terikat, terutama dalam hal waktu. Jika menjadi Freelancer adalah pilihan kamu, berbagai macam pekerjaan bisa dilakukan kapan pun dan di mana saja sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

Selalu pantau keuangan, mengingat kamu tidak memiliki pendapatan tetap dan tunjangan lainnya.

4. Penyewaan Alat Fotografi, Video, dan Sebagainya

Foto: pexels.com

Prospek usaha sewa kamera kini bisa dibilang sangat menjanjikan. Hal ini disebabkan  banyak orang yang membutuhkan kamera untuk melakukan hobi dan kegiatan sehari-hari. Pangsa pasar yang bisa dibidik adalah pengguna medsos, fotografer amatir, fotografer profesional, dan lainnya.

Kamu bisa memilih  produk yang terjangkau harganya, tetapi memiliki kualitas yang bagus.

5. Produk Kreatif

Foto: pexels.com

Teknik Tipografi seperti lukisan di atas kayu yang biasanya dijadikan  souvenir pernikahan, seperti mug, dan lain-lain, sangatlah diminati.

Kamu bisa juga memilih ide bisnis Home Living Products yang berbeda agar mampu bersaing dan memiliki banyak peminat. Kamu bisa menentukan tema seperti, Vintage, Makame, Bohemian, industrial, dan lain sebagainya.

Kamu harus melakukan riset produk kreatif yang diminati masyarakat dan mencari bahan baku yang mudah diolah.

6. Jasa Kecantikan Make Up Artist

Foto: pexels.com

Jasa Make Up Artist ini bisa kamu jadikan salah satu dari ide bisnis. Jika kamu suka dengan estetika dan selalu ingin membuat orang lain tampil cantik, penghasilan dari bisnis ini juga sangat menggiurkan.

Sebagai gambaran untuk kamu, satu kali riasan Make Up Artis bisa mencapai angka 9 Juta, Itu  belum termasuk akomodasi, transportasi, dan konsumsi jika merias di luar kota. Angka yang cukup fantastis, bukan?

Kamu harus memiliki dasar bakat di bidang kecantikan, perdalam teknik dan keterampilan kamu, dan miliki pemasaran yang baik.

7. Tour Guide

Foto: pexels.com

Saat liburan tiba, banyak yang mencari jasa Tour Guide. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar, bahkan bisa dibilang nyaris tanpa modal. Takaiters bisa mencoba menggeluti bisnis yang satu ini.

Kamu harus meninjau lokasi yang menarik untuk dikunjungi dengan harga terjangkau agar bisa menarik minat pelanggan

8. Food Truck

Foto: pexels.com

Konsep bisnis ini dibilang cukup unik, membuat pengalaman baru di bidang kuliner. Respon masyarakat terhadap bisnis ini juga cukup baik, Terbukti sudah banyak yang terjun di bisnis ini,  tergabung dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia).

Kamu bisa menciptakan  makanan istimewa dengan cita rasa yang unik agar orang rela mengantri untuk dapat mencicipi masakannya.

9. Kuliner Tempat Nongkrong

Foto: pexels.com

Tempat Hangout banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan  untuk menghabiskan sebagian waktunya. Hal ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis kuliner kamu. Buatlah konsep Café yang nyaman, dilengkapi wifi, makanan dan minuman dengan cita rasa yang lezat, tetapi harga tak menguras kantong.

Takaiters bisa menciptakan konsep Café yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap sehingga menarik minat pengunjung.

10. Daycare (Tempat Penitipan Anak)

Foto: pexels.com

Kamu bisa memulai bisnis ini dari lingkunagn sekitar,  dari anak—anak di sekitar rumah. Karena sudah saling kenal, maka kamu mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari orang tua anak-anak tersebut,  dan mudah untuk mengontrol kondisi anak.

Kamu bisa mencari pekerja yang bersertifikasi, sabar, dan telaten dalam mengurus anak sehingga membuat orang tua nyaman dan percaya.

Takaiters, untuk memulai suatu bisnis diperlukan keberanian dan langkah yang tepat hingga bisa meminimalisasi kegagalan dan kebebasan finansial bisa Kamu raih lewat beberapa peluang bisnis tersebut.

Jangan takut gagal, tetaplah berusaha semaksimal mungkin. Karena bisnis adalah pilihan orang-orang yang ingin bebas secara finansial. Apakah kamu akan tetap menjadi seorang pekerja sampai tua ataukah berani mencoba untuk meraih kebebasan finansial?