Halo, Takaiters!

Hari ini adalah hari perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.  Upacara bendera dilaksanakan di Istana Merdeka dan Instansi di seluruh Indonesia. Seperti yang kita ketahui, pelaksanaan upacara sangat identik dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Namun, Tahukah kamu bahwa penamaan Paskibraka ini mengalami berbagai perubahan?

Sebelum ditetapkan nama Paskibraka seperti saat ini, pada tahun 1967 sampai 1972, Paskibraka merupakan kepanjangan dari Pasukan Penggerek Bendera Pusaka. Barulah pada tahun 1973 sampai saat ini, berubah dari “penggerek” menjadi “pengibar”.

Nah, tahukah kamu siapa pencetusnya? Dia adalah Idik Sulaiman. Selain menjadi pencetus nama Paskibraka, Idik Sulaiman juga menjadi penyempurna Paskibraka. Dari mulai metode latihan sampai atribut Paskibraka. Wah, luar biasa, ya, Guys.

Berbicara tentang Paskibraka. Di bawah ini terdapat 3 keunikan Paskibraka yang mungkin belum kamu ketahui. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

1. Perbedaan Paskibra dan Paskibraka

Foto: dewatanews.com

Kamu harus bisa membedakan, Guys. Apa itu Paskibra dan apa itu Paskibraka. Emang beda? Jelas. Paskibra adalah Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas mengibarkan bendera di sekolah, ya, Guys. Mereka tidak bertugas di tingkat kota, provinsi ataupun nasional.

Sedangkan Paskibraka adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas di tingkat kota, provinsi, dan nasional untuk melakukan pengibaran dan penurunan bendera duplikat pusaka merah putih.

2. Kedisiplinan Tingkat Tinggi

Foto: beritajakarta.id

Selain rentetan latihan yang memerlukan fisik yang kuat, Paskibraka juga dituntut kedisiplinan, Guys. Jika mereka melakukan kesalahan, seperti makan tidak dihabiskan atau tidak tepat waktu, dan atribut tidak lengkap. Itu semua ada hukumannya, Guys.

Yang lebih fatal adalah ketika Paskibraka mengibarkan bendera dengan terbalik. Meskipun tidak sengaja, tetap saja mereka akan mendapatkan konsekuensinya. Mengenai hukumannya seperti apa, konon katanya, setiap kota memiliki aturan dan ketetapan hukuman yang berbeda.

3. Gaya Rambut

Foto: sumutinvest.com

Pernah memerhatikan gaya rambut para Paskibraka? Jika kamu teliti, gaya rambut mereka cenderung sama, lo, Guys. Paskibraka Putri yang tidak berhijab, harus memiliki gaya rambut bob pendek yang dipotong rapi melengkung di leher. Sedangkan Paskibraka Putra, harus dipotong cepak. Jadi, bagi paskibraka yang memiliki  gaya rambut kekinian, harus merelakan rambut mereka dipotong, Guys.

Wah, banyak sekali aturan yang harus diikuti oleh Paskibraka, ya, Guys. Namun, seketat dan seberat apapun peraturan dan latihan yang telah mereka lalui selama berbulan-bulan tidak berarti jika dibandingkan dengan rasa bangga keluarga pada mereka.

Ya, mereka adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Pemuda-Pemudi terpilih, kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia.