Hi, Takaiters!

Perjalanan kerja maupun perjalanan wisata seperti apapun yang pernah kamu lakukan, dekat atau jauh, jarang atau sering, pasti memerlukan waktu. Waktu yang kamu habiskan untuk perjalanan tersebut betul-betul terbuang dengan percuma. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menghubungi agen travel, pikirkanlah sejenak. Pertimbangkan agar waktu yang digunakan bisa efektif.

Rencanakan setiap perjalanan yang akan kamu lakukan. Apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan.  Pertimbangkan biayanya, rute yang diambil dan kendaraan yang digunakan tidak hanya mempengaruhi biaya tetapi waktu, terkadang waktu yang kamu hemat lebih berharga daripada biaya yang dikeluarkan. Pertimbangkan pula lokasi tujuan, dekat atau jauh dan perlu waktu banyak atau tidak. Lengkapi perjalanan kamu dengan membawa barang yang mungkin bisa meningkatkan produktivitas, misalnya laptop.

Setelah perencanaan matang, selanjutnya yang menjadi poin penting pembahasan kali ini yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana mengelola waktu dalam perjalanan tersebut dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat perjalanan. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Membaca

manfaat waktu
Foto: yukkepo.com

Siapapun bisa melakukannya, cara yang sangat mudah dan simple untuk dilakukan. Kamu dapat mengisi waktu dalam perjalanan dengan membaca buku novel, koran, atau laporan-laporan tugas kamu.

2. Menulis

manfaat waktu luang
Foto: hipwee.com

Cara ini memang memerlukan kondisi perjalanan yang baik dan nyaman, seperti di pesawat atau kereta api. Tidak disarankan dilakukan di tempat ramai karena akan kesulitan saat menulis. Tetapi cara ini cukup baik dalam meningkatkan produktivitas kamu apalagi ditambah dengan mendikte, jika kamu tidak keberatan orang-orang di sekitar kamu diminta mendengarkan apa yang kamu katakan.

3. Menggunakan laptop

manfaat waktu dalam kehidupan
Foto: liputan6.com

Laptop yang kamu persiapkan sebelum perjalanan dimulai dapat kamu manfaatkan termasuk mengolah dokumen atau melakukan hal-hal produktif lainnya. Lama kelamaan akan terbiasa saat melakukan perjalanan berikutnya.

4. Diskusi

Foto: pegipegi.com

Cara yang mudah dilakukan jika perjalanan dilakukan bersama dengan rekan perjalanan. Kamu dapat mendiskusikan berbagai hal dengan rekan perjalanan sehingga waktu perjalanan tersebut betul-betul tidak terbuang percuma dan perjalanan semakin menyenangkan.

5. Menelpon

Foto: kepoindonesia.id

Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan telepon genggam apalagi saat kamu melakukan perjalanan sendiri, ini sangat membantu jika tidak ada teman obrolan yang kamu kenal.

6. Berpikir

Manajemen waktu saat perjalanan
Foto: kompas.com

Siapa bilang berpikir membuang-buang waktu? Justru berpikir merupakan cara yang paling bermanfaat. Kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan kertas, alat atau perlengkapan lainnya, hanya butuh niat dan kemauan untuk melakukannya. Bukankah menyenangkan, berpikir berbagai hal yang pernah terjadi maupun yang belum terjadi di masa depan sehingga kamu dapat mengisi waktu selama dalam perjalanan tersebut.

Dari beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan saat dalam perjalanan, kamu dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi saat di perjalanan. Kunci dari memanfaatkan waktu perjalanan adalah dengan kemauan diri sendiri agar tetap produktif meskipun sedang dalam perjalanan. Apapun yang kamu lakukan, waktu tidak akan pernah menunggu, tidak akan kembali. Oleh karena itu, sebuah keharusan bagi kita untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, Takaiters!