Halo, Takaiters!

Pernahkah merasakan tenggorokan sangat kering ketika berpuasa? Kalau sudah begini, pastinya akan muncul rasa haus yang berlebih. Keringnya tenggorokan yang terasa ketika berpuasa bukan hanya disebabkan oleh terlalu banyaknya aktivitas ketika berpuasa, tetapi juga disebabkan oleh asupan ke dalam tubuh. Karena itu, penting juga menjaga asupan ke dalam tubuh ketika berpuasa.

Kalau kamu tidak mau merasakan haus berlebih ketika berpuasa, jaga, deh, 5 asupan ini ke dalam tubuhmu.

1. Air Putih

Foto: blog.alamendiharto.my.id

Minumlah air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dalam 1 hari jumlah air putih yang harus diminum minimal 2 liter. Waktu minum air putih yang disarankan selama berpuasa adalah 1 gelas sebelum sahur, 1 gelas sesudah sahur, 1 gelas menjelang imsak, 1 gelas ketika berbuka, 1 gelas sebelum tarawih, 1 gelas sesudah tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur. Khusus yang sebelum imsak dan sebelum tidur, minumlah air hangat.

2. Sayur dan Buah

Foto: pexels.com

Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, rutin mengonsumsi sayur dan buah ketika berpuasa akan membuat tubuh tetap fit dan segar. Kesegaran tubuh yang terjaga dapat mengurangi rasa kering di tenggorokan.

3. Pemakaian Garam dan Gula Berlebih

Foto: pexels.com

Makanan yang terlalu banyak mengandung garam akan memicu keringat keluar berlebih. Selain itu, makan makanan yang terlalu asin akan membuat mudah haus. Begitu juga dengan minuman yang terlalu manis. Rasa manis yang berlebih dapat membuat rasa haus susah hilang walaupun sudah minum banyak air putih.

4. Makanan yang Terlalu Banyak Mengandung Penyedap

Foto: hipwee.com

Penyedap yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bahan penyedap ini juga memicu munculnya rasa kering di tenggorokan sehingga rasa haus cepat datang dan susah hilang.

5. Makanan Berminyak

Foto: idmtimes.com

Selama berpuasa sebaiknya tidak terlalu banyak makan makanan berminyak. Minyak yang tertinggal di tenggorokan membuat tenggorokan terasa kurang nyaman dan rasa haus cenderung susah hilang.

Nah, Guys, itulah 5 asupan yang perlu kamu jaga selama berbuasa. Semoga dengan menjaga asupan ke dalam tubuh, menjadikan badan kita tetap bugar selama berpuasa. Selamat mencoba.