Halo,  Takaiters!

Memiliki skill atau ketampilan tentu menjadi suatu kebanggan bagi setiap orang bukan? Bagaimana tidak, skill bisa menjadi bekal utama untuk mendapatkan impian di masa depan. Misalnya jika Takaiters memiliki skill menulis yang baik, maka kemampuan ini  bisa menjadi bekal untuk bekerja di di bidang kepenulisan atau bahkan di perusahaan.

Skill menulis secara tidak langsung juga akan meningkatkan kemampuan komunikasi seseorang. Dalam dunia pekerjaan kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan untuk menjalin relasi dengan kolega, menangani suatu projek, atau menuangkan ide secara sistematis, dan lainya.

Lalu bagaimana meningkatkan skill?  Skill bisa ditingkatkan melalui proses dan perlu di latih-terus menerus. Ibaratnya naik sepeda, apabila kita tidak giat berlatih maka tak akan lincah.

Jika Takaiters ingin meningkatkan keterampilan, syarat mutlak mutlak yang  perlu dilakukan yaitu harus banyak belajar. Selain cara tersebut ternyata ada beberapa tips meningkatkan skill, lho. Simak ya tipsnya!

  1. Rajin Membaca Buku

Tips Meningkatkan Skill
Foto: Pixabay.com

Seperti kata pepatah “buku adalah jendela dunia.” Rajin membaca buku juga akan menambah pengetahuan. Menjadikan buku sebagai  referensi untuk meningkatkan kemampuan diri juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Misalnya jika seseorang ingin mengasah skill dalam berbisnis, mempelajari buku tentang bisnis sangat diperluakan. Lain lagi jika ingin terampil memasak, rajin membaca buku tips atau resep memasak juga sangat diperlukan.

Melalui kegiatan membaca tersebut maka kita bisa mendapatkan inspirasi baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Jadi jangan  malas membaca ya!

  1. Sering Mengikuti Seminar/ Workshop

tips meningkatkan soft skill
Foto: Pixabay.com

Skill atau wawasan adalah sesuatu yang pasti akan didapat saat mengikuti seminar/ workshop. Ada banyak pengalaman baru yang bisa diperoleh kegiatan ini, misalnya kesempatan untuk praktik secara langsung atau mendapatkan ilmu dari pemateri  yang berasal dari kalangan profesional. Bukan hanya itu, kita bisa bertukar pikiran dengan peserta lainya sehingga wawasan pun akan bertambah.

Biasanya materi yang bisa diikuti dalam sebuah seminar beragam, bisa tentang desain grafis, make up, menulis, dan sebagainya. Agar lebih maksimal, tentu kita harus memilih seminar tentang apa yang sesuai dengan bidang yang ingin dipelajari ya.

  1. Bergabung  Komunitas Sesuai Minat

tips meningkatkan interpersonal skill
Foto: Pixabay.com

Memiliki teman sefrekuensi  dan memiliki keahlian  yang sama pasti sangat menyenangkan. Untuk mewujudkanya, bergabung dengan komunitas yang berkaitan dengan skill tertentu akan  membuat kemampuan semakin berkembang lho.

Komunitas menjadi sarana terbaik untuk menambah relasi. Bukan hanya itu,  sarana ini juga bisa dijadikan sebagai tempat bertukar pengetahuan saat bertemu.  Pasalnya berdiskusi dengan orang yang memilki hobi sama pasti akan berkesan sekali.

Selain itu, aktif di komunitas dengan mengikuti event bisa membuat kemampuan semakin terasah. Contohnya komunitas penulis, seringkali mengadakan event seperti lomba, seminar, dan lainya. Nah, mengikuti event tersebut  banyak keuntunganya seperti mengukur sejauh mana kemampuan diri, mencoba berekspresi melalui tulisan, dan sebagainya.

  1. Belajar dari Youtube

tips meningkatkan listening skill
Foto: Pixabay.com

Sebagai salah satu media sosial yang populer, youtube menghadirkan berbagai macam konten menarik untuk di tonton. Salah satunya yang wajib sekali diketahui yaitu konten untuk meningkatkan skill. Belajar dari youtube merupakan sarana yang paling mudah dilakukan di era teknologi seperti sekarang.

Misalnya jika ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, ada banyak youtuber yang membuat konten cara mempelajari bahasa Inggris  yang mudah dipahami.

  1. Belajar dari Role Model atau Motivator

Foto: Pixabay.com

Setiap orang pasti memiliki role model sendiri-sendiri dalam hidupnya, baik seorang penyanyi, koki, pengusaha, CEO sukses, dan lainya. Memiliki role model memang sangat penting sekali, utamanya untuk mengembangkan kemampuan diri.

Sebagaimana yang kita tahu kesuksesan yang dialami orang setiap orang berbeda-beda.  Nah, belajar dari role model bagaimana caranya menghadapi rintangan, bekerjasama dengan orang lain, meraih kesuksesan, memecahkan masalah, yang secara tidak langsung akan membuat cara pikir kita juga akan lebih maju.

Itulah tadi 5 tips meningkatkan skill untuk menunjang karir di masa depan. Skill dapat ditingkatkan melalui proses belajar secara terus-menerus. Jangan ragu untuk belajar dari berbagai media atau tokoh agar kemampuanmu semakin berkembang ya.