Hai, Takaiters!

Game merupakan hiburan yang banyak disukai banyak orang, baik anak-anak hingga orang tua. Tidak saja lelaki, namun juga disukai oleh para kaum hawa. Banyak dari pecinta game tersebut juga yang bermimpi untuk menjadi game developer.

Namun, karena harus bertemu dengan coding, akhirnya mereka pun berhenti dan langsung mencap pekerjaan game developer akan sangat sulit.  Padahal, sulit tidaknya proses tersebut tergantung dari ketekunan yang dilakukan lho.

Nah, ketekunan dan langkah-langkah apa saja sih yang harus dimiliki dan dilakukan untuk menjadi seorang game developer? Berikut ini 4 langkah yang harus ditekuni ketika ingin menjadi game developer yang telah Takaitu.id rangkum dari id.bitdegree, Senin (9/11/2020).

1. Bergabung dengan komunitas game

Langkah pertama yang bisa Takaiters lakukan adalah dengan bergabung bersama sebuah komunitas. Dengan cara ini, Takaiters tidak saja memiliki teman baru, namun juga akan mendapatkan orang sepemikiran yang mungkin akan menjadi partner untuk menjadi seorang game developer.

Lebih-lebih, dengan menjadi anggota aktif dari sebuah komunitas video game, Takaiters akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai apa yang diinginkan dan diharapkan oleh calon konsumen masa depan.

2.Membuat perencanaan dan target yang rinci

Langkah kedua yang tidak kalah penting adalah membuat target yang ingin dicapai. Takaiters bisa saja menuliskanya di secarik kertas lalu menempelkanya di depan meja kerja atau tempat dimana saja hal tersebut terlihat.

Selain itu, untuk perencanaan, Takaiters mungkin bisa mengikuti hal-hal seperti di bawah ini.

  • Merencanakan perangkat lunak pembuat game yang akan digunakan

Untuk memudahkan dalam pembuatanya, ada baiknya Takaiters merencanakan terlebih dahulu akan menggunakan perangkat lunak seperti apa. Dengan menggunakan perangkat lunak, Takaitrers tidak perlu menulis coding setiap game baru mulai dari awal.

Ada berbagai macam perangkat lunak yang bisa digunakan seperti Unity, Unreal Engine, serta CryEngine

  • Mempelajari bahasa pemrogramanya

Perencanaan kedua adalah mempelajari bahasa pemrogramanya. Bahasa ini tergantung dari perangkat lunak pembuat game yang Takaiters gunakan. Misalnya saja untuk Unreal Engine dan CryEngine, Takaiters harus belajar bahasa pemrograman C++. Untuk menggunakan Unity, Takaiters harus menguasai C#.

  • Gamifikasi

Tidak ada cara terbaik untuk menjadi seorang game developer selain dengan perancanaan yang matang. Karena dalam sebuah games, seorang developer harus membuat peraturan, tujuan, dan hadiah apabila pengguna berhasil menyelesaikannya.

Selama Takaiters mengikuti peraturan dan mencapai tujuan yang, maka reseptor dopamin di otak Takaiters akan aktif. Itulah peran esensial dari gamifikasi. Berikan diri sendiri tujuan, peraturan dan hadiah jika anda berhasil mencapai tujuan dengan menaati peraturan.

3. Jangan menunda, mulailah belajar dan berusaha SEKARANG JUGA

Menjadi seorang game developer bukan saja urusan peluang, namun juga usaha dan kemauan belajar yang tinggi. Pembelaran ini sendiri bisa dimulai dengan memainkan salah satu game lalu analisislah keseluruhan komponenya.

Takaiters juga bisa mengikuti kursus Unity apabila ingin belajar menggunakan mesin pembuat game ini, serta mulailah belajar bahasa C# khusus Unity yang tidak terlalu rumit seperti C++.  Dengan cara seperti itu, Takaiters dapat mempelajari konsep-konsep dan ketrampilan apa yang kiranya butuhkan.

4. Membuat tim yang hebat dan solid serta mulailah membuat!

Dalam membuat sebuah game, Takaiters dianjurkan untuk berkelompok dalam membuatnya. Hal ini penting, mengingat banyaknya komponen yang harus dikerjakan mulai dari ilustrasi, animasi, VFX master, menulis rangkaian cerita, hingga membuat sebuah  iklan.

Untuk melakukan langkah ke empat ini, Takaiters dapat menggunakan koneksi yang telah dibangun dalam sebuah komunitas.

Mulailah dengan saling bertemu, serta menemukan sebuah ide untuk membuat sebuah game. Lalu membuat perencanaan bagaimana Takaiters akan membuatnya dan menjadikannya kenyataan.

Itulah langkah yang bisa kamu lakukan apabila ingin menjadi game developer. Selamat mencoba, Takaiters!