Halo, Takaiters!

Ingin mengurangi ketergantungan pada gadget? Sudah mencoba mengurangi tetapi masih belum berhasil juga?

Sudah bukan rahasia lagi, sekarang ini kebanyakan dari kita merasakan ketergantungan pada gadget, terutama ponsel. Bekerja, belajar, maupun berkomunikasi dengan orang lain sekarang ini lebih banyak menggunakan gadget. Bahkan kita juga menggunakan alarm yang tersedia di ponsel untuk mengingatkan jadwal kegiatan.

Bahkan, setelah selesai bekerja atau belajar pun kita masih menggunakan gadget untuk hiburan, misalnya bermain game atau media sosial, juga menonton film atau mendengarkan musik.

Padahal, terlalu banyak bermain gadget berpengaruh negatif, misalnya pada kesehatan mata. Belum lagi interaksi sosial di dunia nyata yang semakin tersita karena setiap orang lebih sibuk dengan ponselnya masing-masing saat berkumpul dalam suatu acara.

Nah, agar dapat mengurangi ketergantungan pada gadget. Berikut ini dibagikan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi frekuensi pemakaian gadget. Yuk, kita simak bersama, Takaiters!

1. Membaca

mengatasi ketergantungan pada gadget
Foto : pixabay.com

Takaiters yang hobi membaca bisa mulai mengurangi frekuensi bermain gadget dengan membaca. Tentu saja yang dibaca adalah buku fisik, bukan e-book yang harus dibuka di gadget lagi. Bisa juga membaca majalah atau koran fisik. Selain mengurangi ketergantungan pada gadget, para penjaja koran dan majalah tentu akan senang kalau kita membeli dagangan mereka.

2. Bermain musik

mengatasi ketergantungan gadget pada anak
Foto : pixabay.com

Takaiters yang hobi bermain musik bisa mulai latihan lagi untuk mengasah kemampuan bermusik. Latihan yang dilakukan secara santai tetapi rutin, tentu akan meningkatkan kualitas permainan. Takaiters bisa memulai latihan sendiri di rumah, bila belum bisa ke studio musik bersama teman-teman.

3. Berkebun

cara mengurangi ketergantungan gadget pada anak
Foto : pixabay.com

Berkebun juga menjadi alternatif untuk mengurangi frekuensi bermain gadget. Tidak harus berkebun di lahan yang luas, halaman rumah pun bisa kita sulap menjadi arena berkebun. Bila halaman rumah sempit, kita bisa menggunakan pot atau planterbag. Penempatannya bisa di lantai, si rak susun, maupun di dinding. Jangan khawatir, ada banyak cara untuk berkebun di lahan sempit.

4. Berolahraga

cara mengatasi ketergantungan gadget pada anak
Foto : pixabay.com

Mulai resah karena berat badan naik? Nah, sekarang adalah saatnya berolahraga untuk menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal. Kita bisa mulai dari olahraga ringan yang bisa dilakukan sendiri seperti berjalan kaki, bersepeda statis, atau senam diiringi musik.

5. Memasak

Foto : pixabay.com

Takaiters yang hobi memasak bisa juga memasak cemilan sehat untuk keluarga. Selain mengurangi interaksi dengan gadget, memasak cemilan sehat juga baik untuk menjaga asupan gizi keluarga, serta mengurangi pengeluaran untuk jajan. Sangat bermanfaat, bukan?

6. Bermain

Foto : pixabay.com

Masih ingat beberapa permainan masa kecil dulu? Misalnya halma, ular-tangga, atau monopoli. Kita bisa mulai lagi memainkannya, untuk mengisi waktu luang agar tidak bermain gadget lagi.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi ketergantungan pada gadget, Takaiters. Semoga bermanfaat.