online course adalah
Foto: udemy.com

Ingin Menambah Ilmu Tapi Sibuk? Ikuti 7 Online Course Ini, Bisa Gratis, Lho!

Hi, Takaiters!

Sibuk dengan aktivitas sehari-hari tapi ingin menambah skill? Kursus online bisa jadi sarana belajar yang cocok. Ada banyak website yang menyediakan Online Course, atau bahkan sampai kuliah online. Dari sana, kita bisa dapat sertifikat baik gratis maupun berbayar.

Website ini bisa jadi pilihan buat kita yang mau menambah ilmu tanpa ribet mikir ongkos. Tapi, jangan lupa ada tugas dan deadline untuk beberapa kursus.

Mau tahu online course apa saja yang bisa kamu ikuti secara gratis? Yuk simak yang berikut ini.

1. Coursera

online course harvard
Foto: coursera.org

Coursera menyediakan berbagai macam kuliah kecil untuk kita. Baik itu untuk belajar hal baru ataupun meningkatkan skill.

Kursus sebenarnya bisa diakses secara gratis. Hanya saja, untuk mendapat sertifikat dan bisa mengakses ujian atau kuis tertentu, kita masih harus membayar. Tapi, tenang saja, ada kursus yang bisa kita akses secara gratis sepenuhnya termasuk ujian.

Sumber pembelajaran di Coursera berasal dari berbagai macam universitas dan lembaga terpecaya. Kelas berupa video dan ada subtitle yang menjadi panduan. Penyedia kursus juga memberikan sumber bacaan yang bisa diunduh.

Yang perlu diingat adalah adanya jadwal harian, tugas yang membutuhkan jawaban atau foto dari PR kita, serta deadline. Batasan waktu kursus harus menjadi perhatian jika mau mengambil kursus di Coursera. Tanggung jawab yang diberikan membuat kelas terasa jadi nyata walau kita tidak perlu membayar.

Kita juga bisa diminta untuk mengecek tugas dan ujian orang lain. Beberapa kursus menyediakan grup FB dan kita bisa bertanya kepada mentor. Materi kursus sebagian besar berbahasa Inggris.

2. Udemy

online course adalah
Foto: udemy.com

Udemy juga menyediakan berbagai macam kursus. Kursus yang berada di halaman utama biasanya tidak gratis namun ada diskon cukup besar untuk mengambil kelas. Untuk menemukan kursus gratis, cukup dengan mencari kata “free” dalam pencarian kursus. Harga kursus yang setelah diskon cukup terjangkau di kantong. Sebagian besar kursus menggunakan Bahasa Inggris.

3. EdX

online course free certificate
Foto: edx.org

EdX menyediakan kursus dari berbagai universitas terkemuka seperti Berkeley, Harvard, MIT, dan lainnya. Selain dari universitas, kita juga bisa menemukan kursus dari Microsoft. Ada juga program yang berisi kumpulan kursus dan program master degree (S2).

Kursus bisa diikuti secara gratis, tapi untuk mendapatkan sertifikat, kita memang harus membayar setelah mengikuti kursus. Untuk mengikuti master degree di EdX, kita juga wajib membayar dengan harga tertentu.

5. Ruang Kerja

Foto: ruangkerja.id

Ruang Kerja dikembangkan oleh Ruang Guru. Ruang Guru sendiri adalah aplikasi kursus untuk anak-anak berusia sekolah dan guru sekolah. Sementara, Ruang Kerja diperuntukkan untuk orang yang sedang atau sudah lulus kuliah.

Tidak banyak kursus yang ada di Ruang Kerja namun cukup bermanfaat untuk kita yang ingin meningkatkan professional life skill. Gaya bahasa yang digunakan di video juga cocok dengan kalangan muda.

Selain itu, Ruang Kerja juga menyediakan kelas perusahaan. Kita tinggal mendaftarkan perusahaan kita ke Ruang Kerja. Jangan lupa untuk mengonsultasikan ide ini sebelumnya ke atasan.

6. IndonesiaX

online course akuntansi
Foto: indonesiax.co.id

IndonesiaX memberikan kursus gratis dalam bahasa Indonesia. Sayangnya, jenis kursus masih kurang beragam. Ada jadwal yang diberikan untuk mengikuti kursus.
Topik yang bisa ditemukan di website ini adalah ekonomi dan finansial, hukum, lingkungan hidup, dan lain-lain.

6. Facebook

online course accounting and finance
Foto: metrobali.com

Facebook sebenarnya bukan situs resmi untuk belajar. Namun, banyak orang sudah menggunakan Facebook sebagai sarana kursus. Tugas bisa dikirimkan di dalam grup untuk diperiksa. Harganya juga variatif. Kita masih mungkin menemukan kelas gratis dan mendapat sertifikat gratis setelah membuat tugas.

7. YouTube

Foto: techno.okezone.com

YouTube bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Materi juga bisa beragam. Yang menjadi kekurangan adalah biasanya tidak adanya tugas yang diberikan. Selain itu, kita mungkin tidak bisa mengetahui kekurangan kita dan hasil pembelajaran kita sendiri. Kemungkinan mendapatkan sertifikat lewat hanya sekedar menonton kursus di YouTube juga kurang.

Selamat berburu online course dan menambah skill. Jangan lupa untuk atur waktu agar kelas menjadi efektif dan tidak mengganggu kegiatan lain, Takaiters!