Halo, Takaiters!

Tahun 2020 saatnya lebih sadar terhadap pentingnya pola hidup sehat. Tidak terlena dengan kenikmatan makanan dan minuman yang jauh dari kata sehat yang hanya enak di lidah, tetapi akhirnya menjadi sampah di tubuh. Takaiters, ada banyak sekali penyakit yang bisa datang kapan saja jika kita tidak aware dengan pola hidup sehat, bahkan di usia yang relatif muda sekali pun. Sudah banyak contoh nyata yang terjadi di sekitar kita. Faktor pendukung lainnya adalah kurangnya melakukan olahraga, hal yang sering dianggap sepele, tetapi memberikan imbas luar biasa bagi tubuh.

Nah, jika salah satu resolusi yang kamu tulis di tahun 2020 adalah menerapkan pola hidup sehat, maka kamu bisa melakukan 5 tips mudah berikut ini.

1. Ganti Minuman Ringan atau Soft Drink dengan Air Mineral

Foto: indoindians.com

Takaiters, coba lihat isi kulkasmu. Apakah masih banyak minuman ringan atau minuman berasa, seperti soft drink, minuman kemasan, seperti kopi dan teh, serta jus kemasan hasil buatan pabrik. Jika iya, tidak ada salahnya untuk berhenti membeli dan mengonsumsinya. Memang ini bukan perkara yang mudah. Jika lidah sudah terbiasa dan dimanjakan dengan minuman berasa, maka butuh waktu untuk bisa lepas dari rasa manis yang membuat candu.

Namun, sekali lagi, demi resolusi menerapkan pola hidup lebih sehat di tahun 2020 tidak ada salahnya untuk konsisten meninggalkannya. Minuman tersebut mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi. Dalam jangka waktu yang cukup lama, tubuh akan melakukan ‘protes’ dengan memberikan sinyal berupa ‘sakit’.

Sebelum itu semua terjadi, yuk, ganti minuman berasa dengan air mineral. Jika timbul keinginan untuk minuman berasa, alihkan dengan minum air mineral dingin. Bila keinginan minum minuman berasa benar-benar tidak tertahankan, ganti dengan jus buah tanpa gula.

2. Jangan Bilang Tidak Suka Sayur. Mulai dengan Memastikan Ada Secuil Sayur di Piringmu

Foto: youtube.com

Takaiters, perkara makan sayur bukan hanya urusan anak kecil. Banyak orang dewasa juga tidak suka makan sayur. Dibandingkan dengan makan buah, jauh lebih sulit makan sayur. Padahal, mengonsumsi sayur setiap hari dapat mengurangi risiko terserang berbagai macam penyakit, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang dan gigi dan masih banyak manfaat lainnya.

Mulailah konsumsi sayur dengan porsi kecil. Tidak perlu memenuhi satu piring dengan sayur. Seiiring berjalannya waktu, maka kamu bisa menambah porsi sayur. Anggap saja makan sayur sebagai salah satu investasi kesehatan di masa yang akan datang. Jika uang saja kamu mau berinvestasi, kenapa tidak untuk kesehatan.

3. Pilih Makanan yang Dikukus atau Dipanggang dan Kurangi Makanan yang Digoreng

Foto: eatingthaifood.com

Ada banyak cara memasak, mulai dari mengukus, memanggang, dan digoreng. Semua tentu punya kelebihan dan kekurangan, mulai dari selera, taste di lidah, hingga yang paling penting alasan kesehatan.

Hampir semua sepakat jika cara yang paling direkomendasikan untuk mengolah makanan adalah dengan dikukus, karena dengan cara ini dapat menghindari kerusakan kandungan gizi. Selain sayuran, bahan makanan seperti ikan atau daging juga bisa dikukus.

Dengan dikukus, makanan menjadi bebas lemak karena tidak menggunakan minyak. Jika bosan, sesekali bisa memanggang ikan atau daging. Jika terbiasa dengan makanan goreng-gorengan, tentu hal ini akan sulit, butuh adaptasi lidah dan pasal selera. Namun yang perlu diingat, hal ini merupakan perubahan yang sederhana dari kebiasaan atau pola makan kita yang kurang sehat. Berani mencoba?

4. Olahraga

Foto: getpocket.com

Semua tahu jika olahraga bisa membuat tubuh menjadi sehat. Namun, kendala waktu dan sibuk bekerja menjadi alasan olahraga menjadi sesuatu hal yang berat dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, 15 menit setiap hari dengan melakukan gerakan ringan sudah membuat tubuh sehat. Olahraga membuat metabolisme tubuh terjaga, jauh dari kekakuan otot, tubuh lebih berenergi dan bisa membuat pikiran menjadi fresh.

Kamu bisa melakukan jalan di tempat selama tiga sampai lima menit, naik turun tangga, lompat tali, push up, hingga plank yang sedang naik daun. Kuncinya adalah kemauan. Jika sudah ada kemauan, kapan pun dan di mana pun olahraga bisa dilakukan. Berapa pun usia dan apa pun profesi, jangan pernah melupakan olahraga.

5. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Foto: pexels.com

Ketika kamu sudah menjalani pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, olahraga, tidak merokok dan lainnya, satu hal penting lain yang harus dilakukan adalah istirahat dan tidur yang cukup.

Takaiters, istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Jam tidur yang kurang diduga meningkatkan risiko berbagai macam penyakit berbahaya, seperti jantung, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, hingga diabetes.

Istirahat dan tidur ternyata memengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah. Kurang tidur membuat kadar gula darah kita lebih tinggi dari batas normal. Akibatnya, kita pun lebih rentan terserang diabetes.

Jika kecil dulu kita sering marah jika disuruh orang tua untuk tidur siang atau tidur lebih awal di malam hari, berbanding terbalik ketika dewasa. Urusan istirahat dan tidur siang menjadi sesuatu hal yang istimewa dan sulit didapat karena kesibukan pekerjaan. Namun, sesibuk apa pun, tetap upayakan untuk istirahat dan tidur minimal delapan jam setiap harinya.

Takaiters, menjadi orang dewasa yang sehat itu tidak mudah. Di tengah kemajuan zaman dan kemudahan yang diberikan terkadang membuat kita lalai untuk menjaga kesehatan. Padahal, contoh nyata akibat tidak menerapkan pola hidup sehat sudah banyak. Yuk, niatkan untuk mulai pola hidup sehat ditahun 2020 dengan 5 tips mudah di atas.

Selamat Mencoba, Takaiters!