Halo, Takaiters!

Sebagai seorang anak, kita sangat berharap dapat memberikan hadiah mengingat betapa besar jasa orang tua. Mereka telah merawat dan mendidik kita demi kesuksesan kita di masa depan. Namun, tahukah kamu bahwa hadiah dapat diberikan kepada orang tua setiap saat? Hadiah tersebut tidak harus berupa sesuatu barang yang mewah dan menunggu memiliki budget lebih.

Hadiah terindah yang bisa diberikan anak kepada orang tua itu adalah sikap yang baik. Ada beberapa sikap  baik yang harus dilakukan anak di depan orang tua.  Melakukan sikap yang baik  merupakan salah satu cara menghormati dan berbakti  kepada orang tua.  Beberapa sikap penting yang harus diperhatikan anak ketika berinteraksi dengan orang tua.

Tidak Meninggikan Suara dan Tidak Memandang Orang Tua dengan Pandangan Tajam

Foto: popbuzz.com

 

Melunakkan  atau mengecilkan volume suara dan tidak memandang dengan tajam ketika berinterksi dihadapan orang tua merupakan akhlak  mulia dan sikap yang tentunya layak diterapkan oleh seorang anak.

Berbicaralah dihadapan orang  dengan suara lembut dan penuh sopan santun karena merekalah yang paling berhak mendapatkan perlakuan  paling baik dari anaknya.

Tidak Menggerutu Ketika Diminta Sesuatu oleh Orang Tua

Foto: thedenverpost.com

Apabila orang tua memanggil, segeralah datang tanda menunda waktu dan segeralah menjawab ketika mendengar orang tua memanggil atau meminta sesuatu tanpa menggunakan perkataan “ah”.

Apabila belum bisa memberikan sesuatu yang diminta, jawablah dengan ucapan yang lemah lembut, sopan, memohon maaf, tidak menyinggung perasaannya, serta memberi alternatif lain yang sesuai dengan kemampuan. Jika orang tua memanggil untuk pulang, segeralah untuk menemui, sesibuk apa pun pekerjaan kamu.

Tidak Mencela dan Mencaci Orang Tua

Foto: yummymummyclub.com

Anak hendaknya bersikap patuh, menghormati, dan memuliakan orang tua. Termasuk tidak mencela dan mencaci orang tua karena mencela dan mencaci orang tua termasuk dosa besar yang dilaknat Allah.

Selalu Mendoakan Orang Tua

Foto: mastekno.com

Selain mohon ampun untuk diri sendiri, lebih mulia lagi jika seorang anak memohonkan ampun atas orang tuanya. Apalagi jika orang tua telah meninggal dunia, doa anak salih yang diharapkan mereka di alam kubur. Maka, bisa dimulai dari sekarang untuk terus mendoakan orang tua.

Nah, Takaiters itulah 4 hadiah terbaik yang bisa kita berikan kepada orang tua. Tidak ada hal yang akan membuat orang tua bahagia selain anak yang selalu menghormati dan berbakti kepadanya.