Hai, Takaiters!

Salah satu fungsi kulit yakni melindungi tubuh. Namun, kulit juga butuh dilindungai agar tetap sehat dan terlihat cantik. Pola hidup dan kebiasaan sehari-hari yang dilakukan, memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan kulit.

Makanan yang sering kamu konsumsi juga mengambil peranan penting bagi kesehatan kulit, Guys. Makanan yang masuk ke tubuh bisa menjadi penyebab rusaknya sel-sel kulit jika tidak diperhatikan dengan baik. Namun, jika kamu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi yang baik, tentu dapat membuat kulitmu lebih sehat.

Tak hanya makanan, tempat tinggal juga bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan kulit, lho! Misalnya tempat terbuka yang banyak terpapar asap dan polusi, juga sinar matahari. Selain tempat, mood juga memiliki peranan dalam menjaga kesehatan kulit. Sadar atau tidak, mood yang tidak baik bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Makanya, Guys, kamu perlu mengetahui beberapa tips kesehatan kulit, demi menjaga agar kulitmu tetap sehat dan tampak cantik, serta tidak cepat mengalami penuaan. Simak tips di bawah ini untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, ya!

1. Menjaga Pola Makan dengan Baik

Foto: health.detik.com

Memperhatikan pola makan yang baik bisa menjaga kesehatan kulit, lo, Guys. Makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi bagus bagi kesehatan kulit. Kurangi juga konsumsi lemak dan karbohidrat biar kulit tampak tetap awet muda.

Tak hanya makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi, makanan tinggi antioksidan juga bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Buah, sayur, dan ikan merupakan makanan yang tinggi akan antioksidan.

Dalam beberapa penelitian, kamu disarankan untuk mengganti nasi dengan makanan yang mengandung karbohidrat yang lebih kompleks. Di antaranya yaitu oat, whole grain, dan pasta. Makanan tersebut diyakini dapat menjaga kulit agar tidak cepar keriput, pecah-pecah, serta berjerawat.

2. Olahraga dengan Rutin

Foto: getpocket.com

Tips kesehatan kulit yang berikutnya yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin. Tak hanya bermanfaat bagi kulit, olahraga juga baik untuk kesehatan seluruh tubuh. Dengan berolahraga, sirkulasi darah dalam tubuh akan meningkat sehingga bisa memelihara kesehatan kulit.

Nutrisi penting dan oksigen akan dibawa oleh sirkulasi darah yang baik untuk memproduksi kolagen. Kolagen ini berfungsi untuk mencegah kulit mengalami keriput.

Kamu tak perlu takut untuk berkeringat, Guys. Berkeringat itu sehat. Gunakan ikat kepala yang tidak terlalu kencang saat berolahraga. Serta, jangan malas untuk mencuci muka setelah berolahraga, ya!

3. Istirahat dengan Baik dan Cukup

Foto: pexels.com

Manusia membutuhkan waktu 7-8 jam perhari untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tak hanya waktu, bagaimana caramu tidur juga perlu diperhatikan.

Tidur dengan posisi miring yang sama dalam jangka waktu bertahun-tahun bisa menyebabkan bagian wajah yang terhimpit bantal timbul keriput. Tidur dengan posisi tengkurap juga tidak baik bagi kesehatan, bisa menyebabkan kantung mata semakin terlihat. Posisi yang baik ketika tidur adalah dengan menelentangkan tubuh.

4. Pakailah Kopi, bukan Diminum

Foto: Pixabay.com

Kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal itu terjadi jika kopi dikonsumsi sebagai minuman. Namun, dalam berbagai penelitian membuktikan bahwa, kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari dapat disembuhkan dengan mengoleskan kopi. Selain itu, risiko kanker kulit juga bisa diminimalisir oleh kafein yang terdapat dalam kopi yang dioleskan.

5. Berhenti Merokok

Foto : Pixabay.com

Tahukah kamu, bahwa asap rokok merupakan penyebab paling berbahaya bagi kulit setelah sinar matahari? Ya! Asap rokok yang terpapar pada kulit bisa menyebabkan keriput dini dan kulit kering. Selain itu, rokok juga bisa merusak kolagen. Kulitmu akan mengalami kerusakan lebih cepat tanpa adanya kolagen.

Nah, Takaiters! Itulah beberapa tips kesehatan kulit yang bisa kamu lakukan agar kesehatan dan kecantikan kulitmu terjaga. Semoga bermanfaat, Guys!