pexels.com

Ingin Jadi Eventpreneur Sukses? Berikut Tips Paling Jitu!

Hai, Takaiters!

Saat ini, menjadi karyawan di sebuah perusahaan dengan berpakaian rapi dan hanya duduk di depan meja kerja seharian bukanlah keinginan banyak generasi milenial, ya? Hal itu disebabkan oleh zaman yang terus berubah dan diikuti dengan pola pikir masyarakatnya.

Lalu … apa yang kalian pikirkan? Memulai sebuah bisnis? Selamat, pilihan yang tepat!

Bisnis kerap merajalela di Indonesia. Mulai dari kuliner, pakaian, properti, sampai acara.  Bisnis acara? Ya, bisnis yang dilakukan dengan menjadi penyelenggara sebuah acara. Profesi ini cocok sekali dilirik apabila kalian menginginkan profesi kekinian, tetapi tetap menjanjikan, lho!

Masih bingung dengan apa itu eventpreneur? Eventpreneur adalah pebisnis yang bertanggung jawab dalam mengorganisir suatu acara. Profesi ini akan diperlukan jasanya mulai dari untuk mengurus acara ulang tahun, perpisahan sekolah, kegiatan sosial, keperluan perusahaan, sampai konser musik.

Nah, berikut tips jitu yang perlu kalian ketahui untuk mematangkan strategi menjadi eventpreneur sukses.

1. Membangun Niat yang Kuat

menjadi entrepreneur sukses
Foto: pexels.com

Jika ingin melakukan sesuatu dengan maksimal, niat adalah kunci utamanya. Kesuksesan akan mudah diraih apabila dimulai dari diri sendiri. Diibaratkan ingin membangun sebuah rumah, niat adalah fondasi utama agar rumah itu dapat diselesaikan.

Mengapa begitu? Niat yang kuat akan membuat diri kalian termotivasi untuk mengejar tujuan yang sudah kalian impikan. Harapan ke depannya, konsistensi kinerja kalian juga kembali lagi ke niat itu sendiri.

Niat yang kuat akan membawa banyak hal positif lain masuk ke diri sendiri. Misalnya pengingkatan kepercayaan diri, keinginan untuk terus bekerja keras, optimisme, dan pantang menyerah.

2. Memiliki Pengalaman

cara menjadi entrepreneur sukses
Foto: pexels.com

Meskipun dapat membuat acara sembari belajar, tetapi pengalaman dasar tentang apa saja yang harus dilakukan seorang penyelenggara acara harus sudah menjadi hal yang kalian pahami. Bagaimanapun, pengalaman adalah guru terbaik, ‘kan? Terlebih lagi bisnis yang akan kalian tekuni ini berada di sektor jasa, sektor yang mengedepankan
pelayanan sebagai nilai jual suatu perusahaan.

3. Membentuk Tim yang Kompeten

langkah awal menjadi entrepreneur sukses
Foto: pexels.com

Pastikan orang-orang yang kalian pilih adalah mereka yang memiliki ketertarikan di bidang manajemen acara. Perlu diingat bahwa untuk menjadi eventpreneur sukses dan membuat sebuah acara memerlukan pikiran dan tenaga yang total.

Ditambah lagi banyak sekali tantangan dan ancaman yang dapat saja terjadi di kemudian hari tanpa bisa diprediksi. Apabila tidak memiliki tim yang dapat bekerja sama dengan baik, pupuslah harapan untuk melanjutkan bisnis ini. Sesungguhnya, tim adalah aset paling berharga sebagai penyelenggara acara.

4. Mencari Rekan Kerja yang Saling Menguntungkan

motivasi mahasiswa menjadi entrepreneur sukses
Foto: pexels.com

Di sini, kalian tidak hanya berkoordinasi dengan tim, tetapi juga dengan rekan kerja. Bisnis ini menuntut diri kalian untuk mencari relasi sebanyak-banyaknya. Pada akhirnya sebuah acara bukan hanya disiapkan, melainkan juga dilaksanakan. Proses itu perlu dilewati bersama rekan kerja, contohnya vendor panggung dan katering.

5. Mempersiapkan Modal

kunci sukses menjadi entrepreneur
Foto: pexels.com

Niat? Sudah. Pengalaman? Cukup. Tim? Siap. Rekan kerja? Dapat. Selanjutnya? Modal! Persiapan modal ini menjadi hal yang sangat krusial dalam setiap dunia bisnis. Pada pengalaman penyelenggaraan acara itu sendiri, biasanya klien melakukan pembayaran secara berkala, di awal, saat acara berlangsung, dan pelunasan beberapa hari setelah hari acara berakhir. Itu berarti, kalian sebagai penyelenggara acara memerlukan dana di luar yang klien berikan.

Namun, jangan khawatir. Selain dari dompet pribadi, dana acara bisa didapatkan dari kerja sama sponsor yang biasanya menginginkan timbal balik berupa pemasangan logo di beberapa properti ataupun promosi di media sosial.

6. Menyelenggarakan Acara dalam Skala Kecil

menjadi seorang entrepreneur yang sukses
Foto: pexels.com

Sebelum memenuhi keinginan klien yang tidak dikenal, lebih baik kalian mencoba untuk membuat acara yang diperlukan keluarga atau teman dekat terlebih dahulu.

Kalau pun masih banyak kekurangannya, keluarga dan teman akan memberikan kritik yang jujur dan tentunya membangun sehingga dapat dijadikan pelajaran untuk lebih baik lagi ke depannya. Dapat dianggap bahwa acara itu sebagai pijakan pertama sebelum kalian akan melebarkan sayap untuk berkecimpung di skala yang lebih besar.

7. Mengasah Kreativitas Tanpa Henti

Foto: pexels.com

Sebagai pemula, kalian harus terus menerus menempa apa yang diri kalian punya dan perlukan, yaitu kreativitas. Maksud dari kreativitas yang perlu diasah ini agar pemilihan tema dan konsep acara yang akan kalian buat nanti tetap mengikuti perkembangan zaman.

Di sini, kesempatan kalian untuk mencari apa keunikan yang perusahaan kalian miliki. Berangkat dari situ nanti, kalian pun dapat melakukan gebrakan besar untuk mengangkat nama perusahaan agar dilirik oleh masyarakat.

8. Menggiatkan Promosi di Berbagai Media Sosial

Foto: pexels.com

Promosi adalah hal yang tidak kalah pentingnya dari yang lain. Dalam melakukan promosi, banyak cara yang bisa ditempuh. Namun, di masa sekarang, promosi melalui media sosial menjadi cara yang paling efektif sekaligus tidak perlu mengeluarkan bujet banyak.

Maka dari itu, selagi menggunakan media sosial masih gratis, kalian perlu mempergunakannya dengan bijak dan sebaik-baiknya, ya! Manfaatkanlah peluang ini dengan melakukan promosi dengan cara yang menarik.

Semua strategi tersebut dapat kalian terapkan apabila memiliki keinginan besar untuk memulai sebuah bisnis penyelenggaraan acara. Dalam melakukan semuanya, seorang eventpreneur harus melakukannya sepenuh hati.

Strategi demi strategi itu seperti domino yang dirangkai berjajar dengan rapi. Namun, apabila salah satunya tidak berhati-hati dan terkena gangguan sedikit saja, kartu itu pasti akan jatuh. Jatuh di sini juga bukan sekadar jatuh, melainkan turut menjatuhkan rangkaian kartu yang lainnya.

jadi, sudah siap menjadi eventpreneur sukses, Takaiters?