Halo, Takaiters!

Siapa sih yang tidak senang, jika bisa bekerja di perusahaan asing. Perusahaan Jepang merupakan salah satu perusahaan asing yang banyak terdapat di Indonesia dengan gaji dan kesejahteraan yang baik.

Karena itu, tidak heran kalau banyak para pencari kerja yang ingin bisa bekerja di perusahaan Jepang. Apakah kamu termasuk salah satu diantaranya?

Nah, jika kamu ingin bekerja di perusahaan Jepang, kenali dulu etos kerja Jepang supaya lebih siap bekerja di perusahaan Jepang.

Ada beberapa etos kerja Jepang yang umum diterapkan pada perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia. Yuk, simak, Takaiters!

1. Disiplin

perbedaan etos kerja jepang dan indonesia
Foto: linovhr.com

Datang tepat waktu atau lebih awal dari dimulainya jam kerja. Jangan menjadikan macetnya kondisi jalan raya sebagai alasan datang terlambat. Untuk mengantisipasi keterlambatan, berangkatlah lebih pagi Lebih baik datang kepagian daripada terlambat.

Karena mereka akan sangat kecewa akan ketidaksiplinan. Jangan sesekali kamu terlambat, ya.

2. Kerja keras

keunggulan dan kelemahan etos kerja jepang
Foto: elcorni.wordpress.com

Di sini kita dituntut untuk bekerja rajin dan cekatan. Jangan sering tidak masuk kerja karena sakit-sakit ringan atau izin-izin yang tidak penting. Selain mendapat penilaian yang tidak bagus, sering tidak masuk kerja akan membuat banyak pekerjaan tertunda.

3. Bekerja profesional

etos kerja jepang yang dikagumi adalah
Foto: kerjadijepang.com

Batasi melakukan aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan pada saat jam kerja agar fokus dalam bekerja, sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu dengan tingkat kesalahan yang kecil atau tanpa kesalahan. Akan lebih baik jika kita dapat menyelesaikan pekerjaan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Karena bagi mereka waktu sangat berharga, dan bekerja adalah hal yang sangat mereka hargai.

4. Multi tasking (dapat menangani banyak tugas).

Foto: talenta.co

Dengan tingkat pekerjaan yang tinggi, setiap pegawai di perusahaan Jepang harus dapat menyelesaikan banyak pekerjaan. Terkadang di beberapa perusahaan, seorang pegawai menangani beberapa macam tugas untuk menciptakan efisiensi.

Mereka mampu mengerjakan berbagai macam tanggung jawab pekerjaan.

5. Menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kerja

Foto: henipuspita.net

Lingkungan kerja yang kotor dan berantakan tentunya menciptakan suasana yang tidak nyaman, bahkan terkadang menimbulkan kepusingan. Tatalah tempat kerja sebaik mungkin agar terlihat rapi dan bersih.

Nah, Takaiters. Inilah beberapa etos kerja Jepang yang umum diterapkan pada perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia.

Dengan menerapkan etos kerja Jepang ini secara konsisten, kamu akan dapat mencapai kemajuan dalam pekerjaan bukan hanya di perusahaan Jepang, tetapi juga di perusahaan-perusahaan lainnya.