Hai, Takaiters!

Jika seseorang terinfeksi virus Covid 19, tentu mereka harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat mengisolasi diri. Karena apa yang kamu makan pasti akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk pulih dari infeksi virus corona.

Saat mengisolasi diri, pilihlah makanan yang memiliki nilai gizi bagi tubuh. Tak hanya membantu menyembuhkan diri dari virus, kamu juga dapat mengurangi kemungkinan masalah kesehatan lain saat mengisolasi diri.

Berikut merupakan panduan makanan dan minuman selama isolasi mandiri yang dianjurkan World Health Organization (WHO). Simak yuk, apa saja makanan yang dianjurkan WHO, Takaiters!

1.Makanan dengan Kadar Garam Rendah

 

Makanan Yang Dianjurkan WHO untuk isolasi mandiri
Foto: Pixabay.com

Syarat pertama asupan makanan selama isolasi diri adalah membatasi asupan garam hingga 5 gram per hari (setara dengan satu sendok teh). Gunakan garam, saus atau bumbu gurih seperti kecap, kaldu dan kecap ikan saat memasak.

Jika kamu makan makanan kaleng atau makanan kering selama masa karantina, silakan pilih sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan tanpa tambahan garam atau gula. Pilih makanan rendah sodium sebagai camilan kamu.

2. Makanan Rendah Lemak.

Makanan Yang Dianjurkan WHO untuk penderita covid
Foto: Finale.com

Saat memasak, beralihlah dari mentega atau minyak sawit ke minyak yang lebih sehat selama isolasi mandiri. Seperti minyak zaitun, minyak kedelai atau minyak sehat lainnya. Jika ingin makan daging, pilihlah daging putih seperti ayam dan ikan, yang cenderung memiliki kandungan lemak lebih rendah dibandingkan daging merah.

Selama kamu memilih daging tanpa lemak dan membatasi asupan kamu, daging merah masih diperbolehkan. Untuk susu, pilih produk susu fermentasi rendah lemak. Untuk mengurangi kadar lemak ksmu bisa mengolah makanan tersebut dengan cara mengukus dan merebusnnya.

3. Minum Banyak Air

Makanan Yang Dianjurkan WHO untuk penderita corona
Foto: health.kompas.com

Selain makanan, penting untuk minum cukup air untuk mencapai kesehatan yang optimal selama masa isolasi diri. Pastikan tubuh kamu mendapat cukup air. Karena air putih jauh lebih baik daripada minuman manis. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan potongan buah beku ke dalam air.

Selain itu, air putih juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mencegah dehidrasi, mencegah batu ginjal, memelihara kesehatan kulit,dsb. Jadi air putih sangat berguna bagi tubuh manusia apalagi ditengah pandemi covid 19 seperti ini.

4. Konsumsi Makanan Yang Berserat

Makanan Yang Dianjurkan WHO untuk kesehatan
Foto: Honestdoc.id

Serat bermanfaat untuk membentuk sistem pencernaan yang sehat bagi tubuh manusia. Cobalah untuk memilih makanan yang tepat saat mengisolasi diri untuk memenuhi kebutuhan serat kamu. Kandungan serat Ini bisa didapat pada buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, gandum, beras merah, dll.

Makanan berserat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, mengontrol gula darah, melancarkan pencernaan dan masih banyak lagi. Makanan berserat ini kaya akan zat yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, E, dan B kompleks.

5.Hindari Kopi dan Teh Dalam Jumlah Besar.

Sumber: lifestyle.kompas.com

Selama masa isolasi, kita dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup. Untuk itu kita dianjurkan untuk mengurangi asupan kopi, teh, minuman berenergi dan minuman lain yang mengandung kafein kerena mereka dapat membuat tubuh dehidrasi dan mengganggu waktu istirahat.

Menurut ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan mengatakan bahwa masyarakat sebaiknya mengurangi konsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya dalam situasi seperti pandemi Covid 19 seperti ini karena dapat mengganggu waktu istirahat kita.

6.Hindari Minum Alkohol.

Foto: Liputan6.com

Selama isolasi diri, tidak hanya harus memperhatikan komposisi makanan, tetapi juga menghindari minum alkohol. Karena alkohol dapat membawa risiko kesehatan seperti kerusakan hati, kanker, penyakit jantung, stroke, radang pankreas, dan penyakit mental.

WHO juga menegaskan bahwa,mengkonsumsi minuman beralkohol saat isolasi mandiri dapat menyebabkan seseorang sulit sembuh dari virus dan memperburuk kesehatan tubuh seseorang.

Itulah jenis makanan yang dianjurkan WHO untuk penderita covid 19 yang melakukan isolasi mandiri. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Yang Maha Kuasa.