Halo, Takaiters!

Momen lebaran atau Idulfitri menjadi hari yang paling dinantikan. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam sudah pasti menyambut hari lebaran dengan meriah. Tetapi, tahu nggak, Guys, kalau di beberapa tempat ada tradisi lebaran yang unik dan tentunya meriah? Kita simak yuk, Guys!

1. Festival Meriam Karbit

Foto: borneochannel.com

Tradisi Festival Meriam Karbit dapat ditemukan di Pontianak, Guys. Meriam terbuat dari bambu berukuran besar yang dinyalakan sebagai tanda hari lebaran di malam takbiran. Festival ini digelar di pinggir Sungai Kapuas. Tradisi yang telah berjalan sejak 200 tahun lalu ini sangat meriah lho, Guys!

2. Festival Tumbilotohe

Foto: lovehulonthalo.blogspot.co.id

Festival Tumbilotohe diadakan di sepanjang jalan Gorontalo. Malam menjelang lebaran, warga akan menyalakan lampu minyak tanah di sepanjang jalan Gorontalo. Tujuannya adalah agar jalan menjadi terang pada saat pembagian zakat. Festival ini semakin meriah dengan menyalakan meriam bambu dan tabuhan beduk.

3. Festival Pukul Sapu

Foto: sinarharapan.net

Warga Maluku Tengah selalu mengadakan tradisi Festival Pukul Sapu yang digelar di hari ketujuh lebaran. Benar-benar melakukan pukul sapu lho, Guys. Bahkan sampai berdarah-darah terkena sabetan sapu. Sapu yang dipakai dari lidi pohon enau. Biasanya dilakukan dipelataran masjid besar.

4. Tradisi Ronjok Sayak

Foto: idntimes.com

Tradisi lebaran Ronjok Sayak atau disebut juga Bakar Gunung Api ini dilakukan di Bengkulu pada malam takbir. Suku Serawai Bengkulu telah melakukan tradisi ini selama ratusan tahun yang lalu. Batok kelapa disusun ke atas kemudian dibakar yang dilakukan di depan rumah warga masing-masing.

5. Grebek Syawal

Foto: nasional.republika.co.id

Grebek Syawal dilakukan di Yogyakarta sebagai tradisi menyambut 1 Syawal. Warga akan menyusun hasil bumi dengan bentuk kerucut berukuran besar yang kemudian diarak mulai dari Pagelaran Keraton menuju ke halaman Masjid Agung Kauman. Dan nantinya warga akan berebut gunungan tersebut.

Tradisi lebaran di berbagai daerah Indonesia tersebut sangat unik ya, Guys! Dan tradisi tersebut masih dilestarikan hingga saat ini.