Halo, Takaiters!

Bagi Takaiters yang melakukan perjalanan wisata ataupun perjalanan dinas ke arah Semarang juga Salatiga kamu akan di buat kepo dengan kawasan wisata baru yang lagi hits di Jawa Tengah, lo? Ya, Jembatan Senggol, destinasi wisata dengan desainnya yang unik dan menarik cocok buat kamu yang hobi selfi dan kulineran.

Lokasi Jembatan Senggol

Foto: idntimes.com

Jembatan Senggol ini terletak di Dusun Semilir, Kabupaten Semarang, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta 49 Ngemple, Bawen, Semarang, Jawa Tengah atau lebih jelasnya terletak di dekat area pintu exit tol Semarang–Bawen kurang lebih 300 meter di sebelah kanan jalan.

Konsep Jembatan Senggol

Foto: jateng.tribunnews.com

Konsep tempat wisata ini adalah ecopark yaitu perpaduan antara modern dan art yang ramah lingkungan. Konsep ini terlihat  dari bangunan berbentuk seperti stupa candi Borobudur yang terbuat dari  instalasi  dikombinasikan dengan besi dan kaca.

Bangunan ini mirip dengan cerita dongeng di negeri Atlantis, sedangkan ornamen-ornamen di dalamnya menggunakan bambu, kayu, tanaman atau pohon-pohon asli yang ditata dan dirangkai dengan seni yang begitu indah. Letaknya yang ada di daerah pegunungan jauh dari hiruk pikuk keramaian dan membaur dengan alam pedesaan semakin menguatkan konsep ecopark yang diusung.

Indahnya 7 Stupa

Foto: liputan6.com

Nuansa unik dari tempat wisata ini sebenarnya sudah terlihat dari jauh. Begitu melintas di sepanjang jalan Semarang–Bawen atau sebaliknya, mata akan tertuju pada tujuh bangunan menjulang tinggi berbentuk stupa berada di daerah pegunungan yang asri.

Pemandangan ini tentunya akan membuat para pelintas jalan berdecak kagum dan penasaran untuk singgah di tempat wisata ini. Begitu sampai di lokasi kamu akan semakin dibuat terpesona dengan penataan setiap detail ornamen yang digunakan.

Masuk pintu utama di dalam bangunan berbentuk stupa kamu akan disuguhi store craft dan batik yang dinamakan Warisan Indonesia. Pusat jajanan tradisional dan oleh-oleh khas Semarang berada disebelah kanan dari pintu masuk yang dinamakan Camilan Indoensia.

Uniknya Jembatan Senggol

Foto: jatengtoday.com

Keluar dari Bangunan Stupa kamu akan melihat jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu yang menghubungkan antara bangunan stupa dengan sepoi-sepoi food court yang ada di bawahnya. Jembatan senggol ini berbentuk zig zag dengan kayu dan anyaman bambu sebagai material utamanya.

Di desain menyerupai sebuah lorong atau terowongan yang tembus pandang. Ornamen-ornamen cantik dari bambu menghiasi langit-langitnya. Pepohonan dan tanaman asli di sepanjang lorong jembatan senggol menambah suasana teduh dan asri seperti di pedesaan.

Stand-Stand Makanan dari Kayu dan Bambu

Foto: zonapasar.com

Sepanjang lorong jembatan senggol kamu akan menjumpai banyak sekali stand makanan dikanan dan kirinya. Stand ini juga terbuat dari kayu dan bambu. Berbagai makanan dan minuman pun tersedia mulai dari jajanan dan minuman tradisional sampai yang modern alias kekinian. Untuk pembelian makanan, minuman ataupun cenderamata di kawasan wisata ini hanya bisa menggunkana kartu pembelian yang telah diisi saldonya oleh petugas loket/tiket pada saat pembelian tiket masuk.

Jika saldo dalam kartu tersebut habis sementara kamu masih mau berbelanja, kamu bisa top up saldo di stand-stand yang disediakan untuk top up ataupun isi saldo. Sebaliknya jika kamu tidak berbelanja, kamu juga bisa refund atau menukarkan kartu pembelian ini dengan uang sesuai dengan saldo awal yang kamu isikan. Tempat penukarannya ada di stand di dekat pintu keluar.

Tiket Masuk Lokasi

Foto: itjeher.com

Tiket masuk lokasi ini tidaklah mahal yaitu Rp10.000,00 per orangnya, sedangkan biaya parkirnya Rp5000,00 untuk kendaraan roda empat dan Rp2000,00 untuk kendaraan roda dua. Cukup murah bukan, Takaiters? Lokasinya yang sangat luas kurang lebih 14 hektar ini belum semuanya di garap untuk tempat wisata namun untuk area parkirnya kamu tidak perlu khawatir karena sangat luas dan bisa untuk  menampung ratusan kendaraan.

Kedepannya kawasan wisata ini pasti akan menjadi destinasi utama di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi karena pada saat ini juga sedang dalam proses pembangunan dan pengembangan.

Yuk, Takaiters, jalan-jalan ke Jembatan Senggol!