Hai, Takaiters!

Bersepeda sekarang sedang menjadi trends bagi milenial. Selain untuk berolahraga bersepeda juga dapat menjadi ajang berkumpul para milenial. Hampir setiap hari selalu di jumpai gerombolan milenial yang asyik bersepeda menyusuri jalanan kota. Apalagi ketika hari sabtu dan Minggu atau hari libur nasional. Sepanjang jalan dipenuhi para goweser dengan sepedanya yang beragam saling berlomba mengadu kecepatan ataupun hanya beriringan menikmati ayunan-ayunan pedal sepedanya.

Foto: pexels.com

Bukan hanya menyusuri jalanan kota saja, para goweser kini juga menyukai jalur-jalur sepeda dengan medan yang lebih menantang seperti tanjakan, turunan tajam, jalan setapak di tengah sawah ataupun jalanan di perbukitan. Bagi goweser semakin tinggi tantangan medan yang bisa mereka taklukan maka akan semakin keren dan menambah bangga mereka dikalangan goweser lainnya.

Lalu apa saja yang harus goweser persiapkan agar selama menggoes mereka tetap nyaman dan aman dengan jalur-jalur yang notabene memiliki rintangan baik itu rintangan yang ringan atau mudah juga rintangan yang membutuhkan kesiapan fisik dan kesiapan peralatannya sendiri. Yuk, Guys, simak sedikit ulasannya!

Stamina Fisik yang Prima

Foto: pexels.com

Jika Takaiters berencana akan bersepeda baik itu hanya berkeliling kota ataupun bersepeda dengan medan yang sulit hendaknya Takaiters jaga kondisi tubuh agar tetap fit saat bersepeda. Kondisi tubuh yang fit akan membuat aktivitas bersepeda kamu lebih nyaman. Apalagi jika medan yang akan ditempuh sulit dan jalurnya yang panjang kesiapan fisik yang prima benar-benar sangat diperlukan.

Cek Kondisi Sepeda

Foto: pexels.com

Sebelum bersepeda sebaiknya cek dahulu kondisi sepeda. Kamu bisa mulai cek dari rem, rantai, saddle, shifter, handle bar, dan lainnya. Cek rem sepeda kamu masih berfungsi atau tidak. Rem sangat penting ketika kamu berada di jalanan yang menurun otomatis tangan kamu tetap standbye pada brake lever yaitu alat untuk menggerakkan rem agar bekerja. Jika remnya blong maka akan sangat riskan dalam perjalanan. Rantai juga perlu di cek, Jika rantainya lepas ataupun putus sebaiknya di perbaiki dahulu.

Saddle atau tempat duduk pada sepeda juga sebaiknya disesuaikan posisinya dengan tubuh kamu, ya, Guys? Posisi saddle yang kurang tepat juga akan berpengaruh pada kenyamanan kamu dalam bersepeda. Memeriksa shifter juga sebenarya perlu karena alat ini yang digunakan untuk perpindahan gigi pada sepeda ketika kamu bersepeda di jalur tanjakan, turunan ataupun jalur datar. Jika shifter pada sepeda rusak alhasil kamu akan kelelahan pada saat jalan menanjak karena terlalu berat mengayuh atau sepeda kamu akan terasa sangat ringan saat berada di jalur datar sehingga kamu harus mengayun pedal sepeda kamu berulang-ulang.

Gunakan Peralatan Bersepeda

Foto:serbasepeda.com

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam bersepeda sebaiknya Takaiters memakai baju bersepeda, helm, dan sepatu. Baju bersepeda untuk celananya didesain khusus agar tidak terasa sakit duduk pada saddle yang kecil dalam waktu yang relatif lama. Sebaiknya pilihlah kain yang menyerap keringat dan lengan panjang agar tidak hitam dan tidak kepanasan ketika terkena sinar matahari.

Menggunakan helm pada saat bersepeda juga penting. Tujuannya untuk keamanan kepala kita bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Pemakaian sepatu juga sangat berpengaruh. Pilihlah sepatu yang comfortable karena aktivitas bersepeda sebenarnya lebih banyak di ayunan kaki pada pedal.

Bawalah Air Minum dan Waist Bag

Foto: jualo.com

Untuk menempuh rute yang cukup jauh sebaiknya bawalah air mineral dan peralatan lain seperti P3K (obat merah, perban), Handphone ataupun uang. Untuk air mineral kamu bisa meletakannya pada bottlecage yang ada di sepeda sedangkan barang-barang lainnya bisa kamu masukkan pada waist bag sehingga Takaiters tetap nyaman dalam bersepeda tanpa harus menenteng tas yang besar.

Nah, Takaiters, sudah siap untuk bergowes ria dengan teman-teman kamu ataupun dengan keluarga? Persiapan segala sesuatunya dengan baik, ya.