Halo, Takaiters!

Pada bulan puasa, godaan untuk tidur lagi setelah makan sahur atau sholat Subuh kadang sulit ditolak. Apalagi bagi Takaiters yang harus bangun sangat awal untuk menyiapkan menu makan sahur keluarga.

Akan tetapi, sebenarnya kebiasaan tidur lagi setelah sahur atau sholat Subuh itu tidak sehat, lho. Jadi, mari kita usahakan untuk tetap terjaga sampai tiba waktunya istirahat siang.

Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara hindari tidur setelah sahur. Yuk, kita simak, Takaiters!

1. Istirahat cukup

Hindari Tidur Setelah Sahur
Foto : pixabay.com

Meskipun harus bangun lebih awal untuk sahur, tetapi kebutuhan tubuh untuk beristirahat tetap harus dipenuhi. Untuk itu, tidur malam lebih awal menjadi solusinya. Tidur segera setelah selesai tarawih dan tadarus akan memudahkan kita bangun awal tanpa mengantuk lagi di pagi harinya.

Istirahat malam juga harus berkualitas. Agar bisa tidur nyenyak, jauhkan semua benda yang bisa mengganggu tidur, seperti ponsel atau buku bacaan favorit.

2. Membaca Al-Qur’an setelah sholat Subuh

bahaya tidur setelah sahur
Foto : m.merdeka.com

Membaca Al-Qur’an akan sangat baik dilakukan untuk menghindari tidur setelah Subuh. Suasana pagi yang tenang akan sangat mendukung kita untuk membaca beberapa halaman, bahkan mungkin satu juz.

Selain berpahala, membaca Al-Qur’an juga lebih menenangkan hati, sehingga memperkecil keinginan untuk tidur lagi.

3. Membersihkan rumah

tidak boleh tidur setelah sahur
Foto : pixabay.com

Membersihkan rumah tentu akan mengaktifkan tubuh dan pikiran kita sehingga keinginan untuk tidur terlupakan. Kita bisa mulai dengan membersihkan dapur. Menyimpan bahan makanan yang belum habis, dan membersihkan semua peralatan makan bekas sahur.

Setelah itu, membersihkan bagian rumah yang lain, hingga seluruh rumah menjadi bersih. Kegiatan ini akan menyita beberapa waktu, sehingga mencegah kita tidur lagi setelah subuh.

3. Membaca atau menulis

bahaya tidur setelah sahur menurut islam
Foto : pixabay.com

Membaca atau menulis juga sangat mengasyikkan untuk menghindari tidur pagi. Bila Takaiters bukan penyuka bacaan ‘berat’, bisa memilih bacaan ringan seperti hiburan atau artikel populer.

Bila suka menulis, Takaiters juga bisa memanfaatkan waktu setelah subuh ini.

4. Merawat tanaman

agar tidak tidur setelah sahur
Foto : pixabay.com

Bila memiliki tanaman, kita bisa merawatnya segera setelah selesai bebersih rumah. Minimal menyiramnya. Dengan demikian, selain rumah bersih, tanaman juga sehat terawat. Kita pun akan senang melihatnya.

5. Bermain dengan binatang kesayangan

apakah boleh tidur setelah sahur
Foto : pixabay.com

Takaiters memiliki binatang kesayangan, seperti kucing? Bermain dengan binatang kesayangan akan sangat mengasyikkan, lho. Memberi makan atau memandikan mereka juga menyenangkan. Melihat kelucuan tingkah mereka akan sangat menghibur. Dengan demikian, keinginan untuk tidur di pagi hari menjadi terabaikan.

6. Bersiap untuk berangkat kerja

Foto : pixabay.com

Mempersiapkan segala sesuatu untuk berangkat kerja juga cukup menyita waktu dan perhatian. Oleh karena itu, segera bersiap untuk berangkat kerja menjadi salah satu solusi jitu untuk menghindari tidur pagi.

Berangkat kerja lebih awal juga akan membuat kita nyaman dan tidak tergesa-gesa di perjalanan. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan selama di perjalanan.

Itulah beberapa tips hindari tidur setelah sahur dan sholat Subuh, Takaiters. Semoga bermanfaat, ya.