Halo, Takaiters.

Merasa lontong opor sebagai hidangan lebaran sudah terlalu mainstream? Ingin hidangan lebaran yang anti-mainstream? Atau ingin menu lebaran yang sederhana tetapi tetap terasa istimewa?

Bisa, Takaiters. Tidak harus mewah dan mahal. Bahkan kita bisa memasaknya sendiri. Namun, sebagai ciri khas lebaran, lontong tetap kita pertahankan. Sebagai alternatif, lontong bisa diganti dengan ketupat.

Lagipula, selain mudah didapat atau dimasak sendiri, lontong dan ketupat sangat fleksibel untuk dipadu-padankan dengan masakan lain, sehingga lebih bervariasi pula pilihan menunya. Bahkan bisa dipadukan dengan menu khas suatu daerah juga.

Berikut ini adalah beberapa pilihan menu yang berbeda, dua di antaranya adalah menu khas daerah, dengan lontong sebagai makanan pokoknya.

Yuk, kita simak bersama, Takaiters!

1. Lontong sayur

Foto : Kompasiana.com

Lontong sayur adalah hidangan sederhana yang akan terasa istimewa. Kita bisa memilih sayuran yang sesuai dengan selera. Biasanya adalah sayur dengan kuah bersantan encer, seperti sayur labu siam dan kacang panjang dengan kuah merah, atau sayur lodeh. Sayur berkuah santan encer ini memberikan rasa gurih dan segar.

2. Lontong pecel

menu makanan lebaran anti mainstream
Foto: cookpad.com

Lontong pecel adalah hidangan sederhana, akan tetapi terasa istimewa di hari lebaran ketika semua orang menyajikan opor ayam. Bila masih menginginkan ayam, lontong pecel bisa disajikan dengan ayam goreng. Bagi para vegetarian, bisa disajikan dengan tempe atau tahu goreng.

3. Lontong tongseng ayam

kue hidangan lebaran anti mainstream
Foto : topwisata.info

Tongseng ayam tak kalah nikmat untuk disantap di hari lebaran. Aroma khas tongseng dengan campuran kolnya akan sangat lezat menemani lontong atau ketupat di hari lebaran. Bahkan, bila Takaiters harus mengurangi asupan lemak, tongseng ayam ini sangat recommended karena bisa dimasak tanpa santan.

4. Lontong sate

menu hidangan lebaran anti mainstream
Foto : Resep ayam.net

Lontong sate ayam juga bisa menjadi pilihan menu hidangan lebaran yang sederhana tetapi terasa istimewa. Aroma khas sate ayam beserta bumbu kacangnya akan sangat menggugah selera.

Rasa pedas bumbunya bisa disesuaikan dengan selera, karena biasanya irisan cabai rawit dipisahkan dari bumbu kacang.

5. Lontong tahu gimbal

menu hidangan lebaran anti mainstream
Foto : Sindonews.com

Lontong tahu gimbal adalah menu kuliner khas Semarang.

Gimbal adalah udang goreng tepung berbentuk seperti rempeyek. Dalam penyajiannya, gimbal udang ini diiris kotak hingga berukuran kecil, kemudian disajikan bersama irisan kol mentah, tahu goreng yang diiris kotak kecil-kecil, serta timun dan seledri.

Dengan bumbu sambal kacang yang gurih, menu ini akan terasa sangat istimewa meskipun sebenarnya cukup sederhana. Takaiters bahkan bisa membuatnya sendiri.

6. Lontong sroto Purbalingga

Foto : Coolpad.com

Sroto adalah soto ala Purbalingga. Soun, toge pendek, ayam suwir, daun bawang dan kerupuk serta bawang goreng ditata dalam mangkok, kemudian dituangi kuah soto, bumbu kacang dan sedikit kecap manis. Sebagai pelengkap, bisa ditaburkan kerupuk kecil-kecil.

Sroto Purbalingga biasa disajikan bersama lontong atau ketupat, sehingga cocok untuk sajian lebaran.

Nah, itulah beberapa pilihan menu lebaran yang anti-mainstream tetapi tetap istimewa dengan makanan pokok lontong, Takaiters. Menu mana yang menjadi favorit Takaiters?

Semoga lebaran kita kali ini makin berkesan dengan hidangan yang anti-mainstream ini, ya.