Halo, Takaiters!

Beberapa hari lalu kita digemparkan oleh berita tentang dua orang warga Indonesia yang menjadi korban Corona, bahkan hingga kini penyakit yang berasal dari Cina ini telah menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi semua orang. Berbagai upaya dilakukan untuk mendapat informasi yang akurat seputar penyakit yang menakutkan ini.

Salah satunya adalah melalui media sosial. Namun sayang, banyak informasi tidak valid disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tentang covid-10 ini. Kehebohan berita hoax ini sempat munculkan tagar tentang melawan berita yang tidak benar.

Nah, Guys, kamu harus tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk melawan berita hoax yang meyebar seputar virus Corona ini.

Pahami Isi Berita

Foto: pexel.com

Berita yang diperoleh harus dipahami isinya secara keseluruhan. Sudut pandang yang berakibat negatif tentu akan menimbulkan keresahan. Oleh karena itu, cermati setiap informasi yang didapat. Pelajari kembali fakta yang ada dalam berita, lalu cari kebenarannya.

Selalu menempatkan sisi sebagai pembaca yang objektif akan membuat kamu dapat menilai isi sebuah berita. Selalu ambil hal positif dan lakukan cek dan ricek terhadap informasi yang masih diragukan.

Cek Alamat Situs

Foto: pexel.com

Berita yang valid tentu akan bersumber dari instansi resmi atau orang yang memiliki kompeten. Memeriksa alamat URL akan dapat mengetahui apakah informasi tersebut dikeluarkan oleh situs yang resmi atau tidak. Saat ini, semakin banyak portal media yang muncul sehingga harus semakin berhati-hati ketika membuka situs di internet.

Perhatikan Keaslian Foto atau Video

Foto: pexel.com

Sekarang sudah banyak orang yang dapat menggunakan kecanggihan teknologi untuk mengubah foto atau video. Bagi pihak tak bertanggung jawab, kemudahan ini digunakan untuk membuat konten yang tidak baik. Perhatikan kembali foto atau video agar dapat dicermati kebenaran dan keasliannya.

Cari Informasi tentang Virus Corona

Foto: uangonline.com

Berita yang muncul tentu akan membuat kepanikan, apalagi virus ini sudah banyak sekali menelan korban jiwa. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang virus Corona ini melalui situs yang dapat dipercaya. Informasi yang didapat akan membuat kamu paham untuk melakukan hal apa saja terkait penyakit ini.

Menjaga Kesehatan

Foto: pexel.com

Yups, menjaga kesehatan merupakan langkah yang paling tepat. Terlebih dengan keadaan seperti ini, kewaspadaan memang harus ditingkatkan. Namun, ingat, ya, Guys, bukan untuk dijadikan bahan parno juga. Intinya tetap waspada dengan lakukan antisipasi menjaga pola hidup agar kondisi tubuh tetap fit.

Berpikir Positif

Foto: pexel.com

Pikiran merupakan salah satu kontrol diri. Untuk itu butuh pikiran yang positif agar kamu bisa beraktivitas dengam baik pula. Pikiran positif akan membantu atasi kecemasan atas fenomena kesehatan yang terjadi saat ini.

Tidak Menyebar Berita Sembarangan

Foto: renunganlenterajiwa.com

Satu hal yang tak kalah penting, adalah tidak ikut menyebarkan berita hoax. Jangan sampai kamu terjebak dalam lingkaran jejaring berita palsu. Setelah lakukan tips di atas, pasti kamu akan tahu berita mana yang harus di-share dan yang tidak. Ingat juga kalau saat ini sudah ada sangsi hukum terkait penyebaran berita hoax. Oleh karena itu, selalu teliti tiap kali dapat berita di medsos, ya, Guys.

Keaktifan masyarakat dalam media sosial memang tidak dapat terbendung ketika ada isu hangat. Semua orang berlomba untuk dapat informasi dan mungkin saja menyebarkan berita terkait dengan berbagai tujuan. Semoga masyarakat semakin bijsak mencermati setiap informasi yang didapat.

So, keep calm and be smart, ya, Takaiters!